Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban

Senin, 19 Juni 2023 - 15:59 WIB
loading...
Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban
Batas waktu memotong kuku dan rambut bagi yang berkurban kurban ini berakhir hari ini pada waktu Maghrib. Foto/ist
A A A
Hari ini Senin 30 Zulkaidah atau 19 Juni 2023 adalah hari terakhir untuk memotong kuku atau bercukur rambut bagi yang berniat berkurban.

Batas waktu memotong kuku dan rambut bagi shohibul kurban ini berakhir Maghrib hari ini. Karena awal bulan Zulhijjah dalam kalender Islam itu dimulai nanti malam setelah terbenamnya matahari.

Larangan memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban disebutkan dalam beberapa hadits berikut:

إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ فَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلَا يَمَسَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلَا مِنْ بَشَرِهِ شَيْئًا

Artinya: "Apabila telah masuk sepuluh hari pertama Dzulhijjah dan kalian kamu hendak berqurban, maka janganlah mengambil rambut dan kulit sedikitpun, sampai selesai berkurban." (HR Muslim)

إِذَا دَخَلَتْ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلَا يَمَسَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلَا أَظْفَارِهِ شَيْئًا

Artinya: "Apabila telah masuk sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah dan salah seorang diantara kalian hendak berqurban, maka janganlah ia memotong sebagian rambut dan kuku hewan kurbannya sedikitpun." (HR. ad-Darimi)

فَإِذَا أَهَلَّ هِلَالُ ذِي الْحِجَّةِ فَلَا يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلَا مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّيَ

Artinya: "Jika kalian melihat hilal Dzulhijjah, dan di antara kalian ada yang ingin berqurban, maka hendaklah dia menahan (tidak memotong) sebagian rambutnya kukunya." (HR Abu Daud)

Jadwal Puasa Arafah
Adapun Puasa Arafah 9 Zulhijjah berdasarkan hasil sidang Isbat Kementerian Agama adalah Hari Rabu 28 Juni 2023. Sedangkan puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah Hari Selasa 27 Juni 2023. Untuk ibadah kurban di Hari Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023

Bagi yang mengikuti kalender Islamic Global atau keputusan Muhammadiyah, maka puasa Arafahnya hari Selasa 27 Juni 2023. Meski ada perbedaan waktu, umat Islam diimbau tetap menjaga kerukunan. Insya Allah puasanya diterima Allah karena masing-masing punya ijtihad.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)