Inilah Hal-hal yang Terlarang Dilakukan Ketika berdoa

Selasa, 20 Juni 2023 - 11:41 WIB
loading...
Inilah Hal-hal yang Terlarang Dilakukan Ketika berdoa
Ada beberapa hal yang terlarang ketika berdoa, salah satunya meminta sesuatu yang berlebihan seperti mohon kedudukan seperti Nabi SAW. Foto ilustrasi/ist
A A A
Berdoa merupakan ibadah, yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala dan disunnahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.
Karenanya ketika berdoa ada adab dan etikanya yang harus diperhatikan. Ada aturan yang harus ditepati agar doanya mendapatkan ridha dari Allah Ta’ala.

Ketika seorang hamba tidak mengetahui apa saja yang termasuk anjuran dalam berdoa, bisa jadi ia akan terjerumus dalam hal-hal yang dilarang dalam berdoa . Ketika larangan ini banyak dikerjakan, wajar jika doa tidak dikabulkan dan malah menimbulkan keburukan lantaran dilakukan tidak sebagaimana diperintahkannya.

Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim mengutip keterangan dari Imam Ibnu Juraij yang berkata, “Mengangkat suara, berseru dengan suara yang keras, dan berteriak di dalam doa hukumnya makruh. Diperintahkan untuk merendahkan diri dan tenang (di dalam berdoa).”

Larangan ini juga disebutkan di dalam al-Qur’an al-Karim. Allah Ta’ala berfirman:,

اُدۡعُوۡا رَبَّكُمۡ تَضَرُّعًا وَّخُفۡيَةً‌ ؕ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُعۡتَدِيۡنَ‌


Ud'uu Rabbakum tadarru'anw wa khufyah; innahuu laa yuhibbul mu'tadiin

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. al-A’raf: 55)

Bukan hanya melampaui batas dalam berdoa, tetapi juga dalam banyak amal ibadah lainnya. Termasuk dalam hal makanan, minuman, pakaian, pun amalan-amalan lain. Berlebihan selalu menimbulkan ketidakbaikan.

Masih diterangkan dari sumber yang sama, Imam Abu Miljaz menyebutkan satu di antara makna berlebihan dalam berdoa, yaitu meminta kedudukan para Nabi.

Sementara itu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam menerangkan makna berlebihan dengan mengatakan, “Akan ada suatu kaum yang berlebih-lebihan dalam berdoa dan bersuci.”



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)