Jemaah Haji Bisa Kunjungi Museum Al-Qur'an di Dekat Gua Hira

Jum'at, 23 Juni 2023 - 13:48 WIB
loading...
Jemaah Haji Bisa Kunjungi Museum Al-Quran di Dekat Gua Hira
Peziarah mengunjungi Distrik Budaya Hira di Makkah. (AN)
A A A
MAKKAH - Jemaah haji yang ingin meningkatkan pengetahuan bisa mendatangi Distrik Budaya Hira, dekat Gua Hira di pegunungan Makkah . Di sini jemaah haji bisa mengunjungi museum Al-Qur'an dan pameran.

Arab News melaporkan bahwa distrik ini dianggap sebagai landmark budaya yang dikelola oleh Komisi Kerajaan untuk Kota Suci Makkah dan Tempat Suci.

Proyek ini berkontribusi memperkaya pengalaman religius dan budaya bagi jemaah haji dan penduduk Makkah. Ini merupakan salah satu tujuan dari program Visi Arab Saudi 2030.



Fawaz Al-Dahas, Direktur Pusat Sejarah Makkah, mengatakan bahwa distrik budaya ini adalah cerminan sejati dari pentingnya situs bersejarah. Di sini ada Pameran Wahyu yang terhubung dengan Gua Hira.

“Pameran ini menampilkan peristiwa sejarah yang penting dan hakiki, yaitu wahyu kepada para nabi, khususnya Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Al-Dahas mengatakan bahwa Pameran Wahyu menawarkan pengalaman spiritual dan budaya.

Dia mengatakan bahwa situs di mana ayat-ayat Al-Qur'an pertama diturunkan sangat penting bagi umat Islam.

“Oleh karena itu, Museum Al-Qur’an didirikan dengan mengedepankan aspek pemeliharaannya sepanjang zaman dalam gaya museum dan pameran. Itu juga terdiri dari koleksi langka dan manuskrip Al-Qur'an.”



Konten Distrik Budaya tidak terbatas pada orang dewasa. Ada satu aula yang didedikasikan untuk hiburan dan pendidikan anak-anak. Pengunjung juga dapat berjalan-jalan di sekitar Taman Hira, dan menikmati kafe, restoran, layanan, dan fasilitas komersialnya.

Museum Al-Qur'an dianggap sebagai komponen utama dari proyek tersebut. Museum ini memperkenalkan kitab suci dan manuskrip Al-Qur'an.

Restoran dan kafe juga menawarkan hidangan, minuman lokal dan internasional, sedangkan toko suvenir yang menghadap Gunung Hira menjual suvenir.

Pusat Hira menawarkan akses ke Gua Hira melalui jalan beraspal dengan rambu petunjuk dan tempat peristirahatan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2656 seconds (0.1#10.140)