Haji 2023: Kisah Para Dermawan Menyambut Tamu Allah

Selasa, 20 Juni 2023 - 15:02 WIB
loading...
Haji 2023: Kisah Para Dermawan Menyambut Tamu Allah
Ayed Al Jarhadi menyiapkan kendaraan pribadinya untuk mengangkut jemaah haji. Foto/Ilustrasi: Gulf News
A A A
Beberapa orang Arab Saudi secara sukarela setiap tahun menawarkan berbagai layanan dan perawatan kepada para jemaah haji yang biasa disebut sebagai "tamu Allah" secara gratis.

Ayed Al Jarhadi, misalnya, ia terbisa menyiapkan kendaraan pribadinya secara gratis untuk menyangkut jemaah haji. Sedangkan Fahd Al Hamli mentradisikan menjamu tamu Allah ini dengan makan khas Arab Saudi.

Ayed Al Jarhadi bertutur, ia sudah selama 30 tahun lebih menggunakan mobil pribadinya untuk mengangkut jemaah haji secara gratis dari kota perbatasan ke kota suci Makkah.

"Rute kami dari perbatasan utara Saudi Arar untuk mencapai Makkah. Saya mengangkut orang tua dan wanita secara gratis untuk mengejar ridha Allah,” katanya kepada Al Arabiya TV.



Sedangkan Fahd Al Hamli selama bertahun-tahun menjamu ratusan jemaah haji di rumah pertaniannya di Kegubernuran Majmaah di Arab Saudi. Jamuan yang disiapkan adalah makanan dan kopi Saudi yang terkenal.

“Ini sejalan dengan tradisi kerajaan, keramahtamahan Arab Saudi,” katanya.

Al Hamli ditampilkan dalam video yang menjadi tuan rumah delegasi Rusia setelah kedatangan mereka di kerajaan untuk persiapan haji bulan ini. Tidak jelas sudah berapa lama Al Hamli menjalani tradisi tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2790 seconds (0.1#10.140)