Foto Pertama Makkah dan Kakbah Tahun 1861 oleh Muhammad Sadiq Bey

Rabu, 28 Juni 2023 - 06:14 WIB
loading...
Foto Pertama Makkah dan Kakbah Tahun 1861 oleh Muhammad Sadiq Bey
Gambar fotografi pertama Makkah dan Kakbah, menunjukkan pemandangan struktur kubus yang diselimuti kain hitam yang sekarang dikenal sebagai kiswah. (Koleksi Khalili/Muhammad Sadiq Bey/MEE)
A A A
Foto Kakbah dan Makkah mulai ada pada tahun 1861. Kala itu dunia tidak lagi terbatas pada impresi artistik dan tulisan. Menurut Middle East Eye (MME), pada tahun 1861, seorang insinyur tentara Mesir bernama Muhammad Sadiq Bey melakukan perjalanan ke kota suci sebagai bendahara kafilah peziarah.

Dia mengambil kamera dan alat untuk proses collodion pelat basah - teknik pengembangan foto awal di mana gambar dikembangkan menggunakan negatif pelat kaca.

Hasil foto Sadiq Bey tentang Makkah memenangkan medali emas di Pameran Geografis Venesia pada tahun 1881.

Seiring waktu, fotografi menjadi lebih mudah diakses oleh orang lain dan salah satu fotografer pribumi Makkah pertama adalah seorang pria bernama Al-Sayyid Abd al-Ghaffar, yang mengambil lebih dari 250 gambar kota antara tahun 1886 dan 1889.



Dia bekerja bersama fotografer Belanda Christiaan Snouck Hurgronje yang berpura-pura masuk Islam untuk memasuki kota suci umat Islam. Saat hubungan mereka berkembang, Hurgronje menjadi lebih mengontrol apa yang bisa digambarkan oleh rekan Makkahnya dan bahkan memuji karyanya.
Foto Pertama Makkah dan Kakbah Tahun 1861 oleh Muhammad Sadiq Bey

Gambar di atas diambil dari kota Makkah yang dijepret pada tahun 1887 oleh Abd al-Ghaffar.(Library of Congress/MEE)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)