Bacaan Takbir Iduladha Lengkap Arab, Latin dan Batas Waktunya

Rabu, 28 Juni 2023 - 21:12 WIB
loading...
Bacaan Takbir Iduladha Lengkap Arab, Latin dan Batas Waktunya
Takbir Iduladha dianjurkan dibaca dan dikumandangkan pada malam Hari Raya Id hingga hari ke-13 Dzulhijjah. Foto/dok Farazinux
A A A
Kalimat Takbir Iduladha sangat dianjurkan dibaca dan dikumandangkan pada malam Hari Raya Id hingga hari ke-13 Dzulhijjah. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an:

"....Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al-Baqarah ayat 185)

Bacaan Takbir Lengkap dengan Dzikirnya:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِـيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ، لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ


Allahu Akbar kabiiraa, walhamdulillaahi katsira, wa subhaanallahi bukrataw-wa ashillaa. Laa ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishina lahuddiina walau karihal kaafiruun. Laa ilaaha illallaahu wahdah, shodaqa wa'dah, wanashara 'abdah, wa a'azza jundahu wa hazamal ahzaaba wahdah. Laa ilaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa Lillaahil-hamd.

Artinya: "Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak pujian, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan keesaan-Nya, Dia Dzat yang menepati janji, Dzat yang menolong hamba-Nya dan memuliakan bala tentaraNya dan menyiksa musuh dengan keesaan-Nya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah."

Bacaan Takbir Iduladha dengan Redaksi Pendek:

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ


Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar... Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa lillaahil-hamd.

Artinya: "Allah Maha besar, Allah Maha besar, Allah Maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah Maha besar. Segala puji bagi-Nya."

Batas Waktu
Waktu mengumandangkan Takbir Iduladha dimulai sejak terbenamnya matahari (waktu Maghrib) pada Hari Arafah 9 Dzulhijjah. Dan berakhir di waktu Ashar Hari ke-13 Dzulhijjah.

Berikut dua macam Takbir yaitu Mursal dan Muqayyad:

1. Mursal artinya yang tidak terikat dengan sholat. Takbir ini disunnahkan dibaca mulai terbenamnya matahari di Hari Arafah sampai takbirnya imam ketika sholat Idul Adha.

2. Muqoyyad artinya yang terikat dengan waktu sholat, baik sunnah, wajib bahkan sholat jenazah. Maka disunnahkan bagi orang yang tidak melaksanakan haji dimulai dari Subuh Hari Arafah sampai Sholat Ashar di hari 13 Dzulhijjah.

Adapun yang melaksanakan ibadah haji di mulai dari masuknya Zuhur di Hari Raya Iduladha sampai sholat Subuh di hari 13 Dzulhijjah setelah Tahallul dilanjutkan sampai masuknya waktu Ashar.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1062 seconds (0.1#10.140)