Suhu di Makkah 45-50 Derajat Celsius, 5 Tips dari Abdul Khaliq agar Jemaah Tak Kelelahan Usai Wukuf

Rabu, 28 Juni 2023 - 21:50 WIB
loading...
Suhu di Makkah 45-50 Derajat Celsius, 5 Tips dari Abdul Khaliq agar Jemaah Tak Kelelahan Usai Wukuf
Umat Islam dari berbagai negara melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Arafah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). FOTO/ANTARA/WAHYU PUTRO
A A A
JAKARTA - Umat muslim yang sedang melaksanakan melaksanakan ibadah haji saat ini sedang dalam puncak pelaksanaan ibadah haji. Suhu di Makkah saat pelaksanaan wukuf mencapai 45-50 derajat Celsius. Hal itu, tentu cuaca yang cukup ekstrem bagi jemaah haji Indonesia.

Faktor kelelahan juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian jemaah haji Indonesia saat pelaksanaan rangkaian ibadah haji. Ketua DPP Bidang Keagamaan Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad menyatakan, setelah wukuf para jemaah mengalami kelelahan yang luar biasa.

Hal itu karena mobilitas jemaah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina serta ke Masjidilharam berjalan kaki di tengah suhu ekstrem Makkah dan berdesak-desakan dengan jemaah dari negara lain.



Untuk itu, Abdul Khaliq Ahmad, yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) itu, memberikan beberapa tips untuk menghindari kelelahan dan dehidrasi.

Pertama, Abdul Khaliq mengimbau tamu Allah untuk mengenakan pakaian yang sejuk, ringan, dan tidak ketat. Hal itu bertujuan agar tubuh dapat mengeluarkan panas.

Kedua, hindari kontak langsung dengan matahari dengan mengurangi aktivitas yang tidak penting di luar ruangan. Jika ada keperluan keluar ruangan, gunakan payung dan baju lengan panjang serta beralas kaki saat akan berjalan kaki.

"Ketiga, banyak minum air putih meskipun tidak haus untung mencegah tenggorokan kering dan dehidrasi," kata Khaliq, Rabu (28/6/2023).



Keempat, hindari mengkonsumsi makanan dan cairan yang terlalu dingin karena akan menyebabkan kram perut.

Abdul Khaliq melanjutkan, hal yang perlu diperhatikan jemaah haji ialah kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat untuk menjaga cairan tubuh tetap terjaga.

"Jangan lupa membawa botol semprotan air untuk disemprotkan pada bagian tubuh yang memerlukan seperti kepala bagian badan yang lain sehingga bisa mengurangi tingkat kepanasan," ujarnya.

Kelima, upayakan menggunakan sun screen atau lotion tabir surya setiap dua jam sekali jika terpaksa berada di luar ruangan.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)