Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Qur'an

Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
loading...
Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Quran
Salah satu makna doa dalam ayat-ayat Al-Quran yaitu meminta sesuatu. Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk memohon pada Allah ‘Azza wa Jalla. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Qur'an?

Ustadz Mubarak Bamualim, dai yang berkhidmat di kajian sunnah itu menjelaskannya sebagai berikut: Di antara makna doa yang disebutkan oleh Al-Qur’anul Karim, Ad-Du’a artinya At-Tauhid. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ إِنَّمَا أَدْعُو رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِهِ أَحَدًا


“Katakanlah (Wahai Muhammad): ‘Sesungguhnya aku hanya mentauhidkan Rabbku dan aku tidak mempersekutukan Dia dengan sesuatu apapun.'” (QS. Al-Jinn : 20)

Di antara makna yang lain dari kata “doa” dalam Al-Qur’an yaitu bermakna ibadah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Yunus ayat yang ke-106:

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ…


“Dan janganlah kamu beribadah/menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak memberikan kepada kamu suatu manfaat dan juga tidak mencelakakan kamu…” (QS. Yunus : 106)

Kemudian, di antara makna doa lainnya yang disebutkan Al-Qur’anul Karim yaitu Al-Isti’anah (meminta pertolongan). Hal ini sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat yang ke-23:

…وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ


“Dan mintalah pertolongan kepada orang-orang yang menyaksikan kalian kalau kalian memang benar.” (QS. Al-Baqarah: 23)

Makna lain dari doa adalah artinya meminta dan memohon. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman di dalam surah Ghafir ayat yang ke-60.

… ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ…


“Mohonlah kepadaKu, niscaya Aku akan memperkenankan permohonan kamu sekalian.” (QS. Ghafir : 60)

"Jadi, makna doa adalah dalam ayat ini yaitu meminta sesuatu. Allah memerintahkan kepada hamba-hambaNya untuk memohon pada Allah ‘Azza wa Jalla. Jangan meminta kepada selain Allah,"ungkap Ustadz Mubarak Bamualim.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4089 seconds (0.1#10.140)