Kisah Mualaf: Transformasi Hati, Pikiran, dan Jiwa Lewis Menjadi Kareem

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Orang tua saya tidak senang dengan pertobatan saya. Meskipun mereka bukan orang Katolik yang taat, mereka telah membesarkan saya untuk percaya pada Kekristenan sebagai Injil. Tetapi semakin saya mempelajari sejarah, saya semakin kecewa dengan peran agama Kristen dalam menaklukkan rakyat saya.

Saya tahu, tentu saja, bahwa Konsili Vatikan Kedua pada tahun 1965 menyatakan perbudakan sebagai “kekejian” yang tidak menghormati Tuhan dan merupakan racun bagi masyarakat. Tapi bagi saya, itu terlalu sedikit, terlalu terlambat.



Kegagalan gereja untuk menggunakan kekuatan dan pengaruhnya untuk menghentikan perbudakan dan malah membenarkannya sebagai sesuatu yang berhubungan dengan dosa asal membuat saya marah. Banteng kepausan (misalnya, "Dum Diversas" dan "Romanus Pontifex") memaafkan perbudakan penduduk asli dan mencuri tanah mereka.

Sementara saya menyadari bahwa banyak orang Kristen mempertaruhkan nyawa dan keluarga mereka untuk melawan perbudakan dan bahwa itu tidak akan berakhir tanpa mereka, saya merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan institusi budaya yang telah menutup mata terhadap perilaku keterlaluan seperti pelanggaran langsung kepercayaan mereka yang paling suci.

Adopsi nama baru merupakan perpanjangan dari penolakan saya terhadap semua hal dalam hidup saya yang berhubungan dengan perbudakan keluarga dan orang-orang saya.

Alcindor adalah penanam Prancis di Hindia Barat yang memiliki nenek moyang saya. Leluhur saya adalah orang Yoruba, dari Nigeria sekarang. Mempertahankan nama majikan budak keluargaku sepertinya tidak menghormati mereka. Namanya terasa seperti bekas luka.

Pengabdian saya pada Islam adalah mutlak. Saya bahkan setuju untuk menikah dengan wanita yang disarankan Hammas untuk saya, meskipun perasaan saya kuat terhadap wanita lain. Pernah menjadi pemain tim, saya melakukan seperti yang direkomendasikan "Pelatih" Hammas.



Saya juga mengikuti sarannya untuk tidak mengundang orang tua saya ke pesta pernikahan — kesalahan yang membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk memperbaikinya. Meskipun saya memiliki keraguan tentang beberapa instruksi Hammas, saya merasionalisasikannya karena pemenuhan spiritual yang saya alami.

Tapi semangat kemandirian saya akhirnya muncul. Tidak puas menerima semua ilmu agama saya dari satu orang, saya melanjutkan studi saya sendiri. Saya segera menemukan bahwa saya tidak setuju dengan beberapa ajaran Hammas tentang Quran, dan kami berpisah.

Pada tahun 1973, saya melakukan perjalanan ke Libya dan Arab Saudi untuk belajar bahasa Arab yang cukup untuk mempelajari Al-Quran sendiri. Saya keluar dari ziarah ini dengan keyakinan saya diklarifikasi dan iman saya diperbarui.

Sejak tahun itu hingga sekarang, saya tidak pernah goyah atau menyesali keputusan saya untuk masuk Islam. Ketika saya melihat ke belakang, saya berharap bisa melakukannya dengan cara yang lebih pribadi, tanpa semua publisitas dan keributan yang mengikutinya. Tetapi pada saat itu saya menambahkan suara saya pada gerakan hak-hak sipil dengan mencela warisan perbudakan dan institusi keagamaan yang mendukungnya. Itu membuatnya lebih politis daripada yang saya maksudkan dan mengalihkan perhatian dari apa yang, bagi saya, merupakan perjalanan yang jauh lebih pribadi.

Banyak orang dilahirkan ke dalam agama mereka. Bagi mereka sebagian besar masalah warisan dan kenyamanan. Keyakinan mereka didasarkan pada keyakinan, tidak hanya pada ajaran agama tetapi juga pada penerimaan agama itu dari keluarga dan budaya mereka.



Bagi orang yang berpindah agama, ini adalah masalah keyakinan dan pembangkangan yang sengit. Keyakinan kami didasarkan pada kombinasi iman dan logika karena kami membutuhkan alasan yang kuat untuk meninggalkan tradisi keluarga dan komunitas kami untuk memeluk kepercayaan yang asing bagi keduanya. Konversi berisiko karena dapat mengakibatkan hilangnya dukungan keluarga, teman, dan komunitas.

Beberapa fans masih memanggilku Lew, lalu terlihat kesal saat aku mengacuhkan mereka. Mereka tidak mengerti bahwa kurangnya rasa hormat mereka terhadap pilihan spiritual saya adalah penghinaan. Seolah-olah mereka melihat saya sebagai figur aksi mainan, hadir semata-mata untuk menghiasi dunia mereka sesuai keinginan mereka, bukan sebagai individu dengan hidupnya sendiri.

Kermit the Frog terkenal mengeluh, "Tidak mudah menjadi hijau." Cobalah menjadi Muslim di Amerika. Menurut jajak pendapat Pew Research Center tentang sikap terhadap kelompok agama besar, publik AS paling tidak menghargai Muslim — sedikit lebih sedikit daripada ateis — meskipun Islam adalah agama terbesar ketiga di Amerika.

Tindakan agresi, terorisme dan kebiadaban yang dilakukan oleh mereka yang mengaku sebagai Muslim telah membuat seluruh dunia takut kepada kami. Tanpa benar-benar mengetahui praktik damai sebagian besar dari 2 miliar Muslim dunia, mereka hanya melihat contoh terburuk.

Bagian dari konversi saya ke Islam adalah menerima tanggung jawab untuk mengajar orang lain tentang agama saya, bukan untuk mengubah mereka tetapi hidup berdampingan dengan mereka melalui rasa saling menghormati, dukungan dan perdamaian. Satu dunia tidak harus berarti satu agama, hanya satu keyakinan dalam hidup damai.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)