Kisah Mualaf: Transformasi Hati, Pikiran, dan Jiwa Lewis Menjadi Kareem

Selasa, 04 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
A A A


Tetap saja, saya tidak puas. Tumbuh di tahun 1960-an, saya tidak mengenal banyak panutan kulit hitam. Saya mengagumi Martin Luther King Jr. karena keberaniannya yang tanpa pamrih dan Shaft karena menendang pantat dan mendapatkan gadis itu.

Kalau tidak, konsensus publik kulit putih tampaknya adalah bahwa orang kulit hitam tidak terlalu baik. Mereka adalah orang-orang tertindas yang membutuhkan bantuan orang kulit putih untuk mendapatkan hak mereka atau pembuat onar radikal yang ingin mengambil rumah dan pekerjaan serta anak perempuan kulit putih.

"Yang baik" adalah penghibur yang bahagia, baik dalam bisnis pertunjukan atau olahraga, yang diharapkan menunjukkan rasa terima kasih atas keberuntungan mereka. Saya tahu kenyataan ini bagaimanapun salah sehingga harus diubah. Saya hanya tidak tahu apa artinya bagi saya.

Sebagian besar kebangkitan awal saya berasal dari membaca "The Autobiography of Malcolm X". Kala itu saya sebagai mahasiswa baru. Saya terpaku pada kisah Malcolm tentang bagaimana dia menyadari bahwa dia adalah korban rasisme institusional yang telah memenjarakannya jauh sebelum dia mendarat di penjara yang sebenarnya.

Persis seperti itulah yang saya rasakan: terpenjara oleh gambaran tentang siapa saya seharusnya. Hal pertama yang dia lakukan adalah mengesampingkan agama Baptis yang dibesarkan oleh orang tuanya dan mempelajari Islam.

Baginya, Kekristenan adalah fondasi budaya kulit putih yang bertanggung jawab memperbudak orang kulit hitam dan mendukung rasisme yang merasuki masyarakat. Keluarganya diserang oleh Ku Klux Klan yang menyebarkan agama Kristen, dan rumahnya dibakar oleh kelompok sempalan KKK Legiun Hitam.



Transformasi Malcolm X dari penjahat kecil menjadi pemimpin politik mengilhami saya untuk melihat lebih dekat masa kecil saya dan memaksa saya untuk berpikir lebih dalam tentang identitas saya.

Islam membantunya menemukan jati dirinya dan memberinya kekuatan tidak hanya untuk menghadapi permusuhan dari kulit hitam dan kulit putih tetapi juga untuk memperjuangkan keadilan sosial. Saya mulai belajar Al-Quran.

Keyakinan dan Pembangkangan

Keputusan ini menempatkan saya pada jalur yang tidak dapat diubah menuju pemenuhan spiritual. Tapi itu jelas bukan jalan yang mulus. Saya membuat kesalahan serius di sepanjang jalan. Lagipula, mungkin jalannya tidak seharusnya mulus; mungkin itu seharusnya diisi dengan rintangan dan jalan memutar dan penemuan palsu untuk menantang dan mengasah keyakinan seseorang. Seperti yang dikatakan Malcolm X, "Saya kira seorang pria berhak membodohi dirinya sendiri jika dia siap membayar harganya."

Saya membayar biayanya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya dibesarkan untuk menghormati aturan — dan terutama mereka yang menegakkan aturan, seperti guru, pengkhotbah, dan pelatih.

Saya selalu menjadi siswa yang luar biasa, jadi ketika saya ingin tahu lebih banyak tentang Islam, saya menemukan seorang guru di Hammas Abdul-Khaalis.

Selama tahun-tahun saya bermain dengan Milwaukee Bucks, Islam versi Hammas adalah wahyu yang menggembirakan. Kemudian pada tahun 1971, ketika saya berusia 24 tahun, saya masuk Islam dan menjadi Kareem Abdul-Jabbar (artinya “yang mulia, hamba Yang Maha Kuasa”).



Pertanyaan yang sering saya tanyakan adalah mengapa saya harus memilih agama yang sangat asing bagi budaya Amerika dan nama yang sulit diucapkan orang. Beberapa penggemar menganggapnya sangat pribadi, seolah-olah saya telah membom gereja mereka sambil merobek bendera Amerika.

Sebenarnya, saya menolak agama yang asing bagi budaya Amerika saya dan memeluk agama yang merupakan bagian dari warisan kulit hitam Afrika saya. (Diperkirakan 15 sampai 30 persen budak yang dibawa dari Afrika adalah Muslim).

Fans mengira saya bergabung dengan Nation of Islam, sebuah gerakan Islam Amerika yang didirikan di Detroit pada tahun 1930. Meskipun saya sangat dipengaruhi oleh Malcolm X, seorang pemimpin di Nation of Islam, saya memilih untuk tidak bergabung karena saya ingin lebih fokus pada aspek spiritual daripada politik. Akhirnya, Malcolm menolak grup tersebut tepat sebelum tiga anggotanya membunuhnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)