Mad Layyin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya

Rabu, 05 Juli 2023 - 21:43 WIB
loading...
Mad Layyin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
Mad Layyin dibaca dengan lembut dan halus dengan panjang dua harakat, jika diwakafkan boleh lebih dari 2 harakat. Foto ilustrasi/dok Channel Pondok Iqro.
A A A
Mad Layyin merupakan salah satu bagian dari ilmu tajwid yang penting dipahami kaum muslim. Semakin sering mempelajari ilmu Tajwid akan membuat tilawah Al-Qur'an kita semakin lancar dan baik.

Pembagian Mad secara umum ada dua yaitu Mad Far'i dan Mad Thobi'i. Adapun Mad Layyin termasuk golongan dari Mad Far'i. Untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang Mad Layyin, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Mad Layyin
Mad Layyin merupakan sebuah kalimat yang dibaca dengan lembut dan halus. Mad secara bahasa artinya panjang, sedangkan Layyin artinya lunak.

Hukum bacaan Mad yang satu ini bisa terjadi apabila ada huruf Waw sukun (وْ) atau Ya sukun (يْ) yang didahului huruf berkharakat fathah dan setelahnya berupa huruf hidup yang dibaca waqaf.

Berbeda dengan Mad Thobi'i, apabila ada huruf "Ya" sebelumnya diikuti harakat kasrah, huruf Waw sebelumnya diikuti harakat dhommah dan Alif sebelumnya diikuti dengan harakat kasrah.

Hukum Bacaan Mad Layyin
Hukum Bacaan disebut Mad Layyin adalah apabila ada huruf mad yaitu huruf Waw sukun dan Ya sukun dan huruf sebelumnya berkharakat fatkhah bertemu dalam satu kalimat.

Mad Layyin panjangnya 2 harakat. Namun, apabila Ya sukun dan Wau sukun berada sesudah huruf yang berharakat fathah menghadapi huruf yang mati (waqaf) atau diwaqafkan, maka panjangnya boleh 2,4 atau 6 harakat.

Contoh Bacaan Mad Layyin

1. قُرَيْشٍۙ Dibaca: Quraiiisy

2. وَالصَّيْفِۚ Dibaca: Washshoiif

3. الْبَيْتِۙ Dibaca: Albaiit

4. خَوْفٍ Dibaca: Khouuf

5. وَتَوَاصَوْا Dibaca: Watawaa shauw

6. اَلصَّيْفٍ Dibaca: Ashshaiif

7. دَعَوْهُمْ Dibaca: Da 'auhum

Contoh Mad Layyin Dalam Al-Qur'an:

1. Surat Al-Baqarah Ayat 2

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

Hukum Bacaan Mad Layyin terdapat pada kalimat Roiba.

2. Surat Al-Baqarah Ayat 3

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۙ

Hukum Bacaan Mad Layyin terdapat pada kalimat Bilghoiib.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)