7 Khasiat Surat Al Waqiah, Dilimpahkan Rezeki dan Menjadi Sosok Dermawan

Sabtu, 08 Juli 2023 - 11:01 WIB
loading...
7 Khasiat Surat Al Waqiah, Dilimpahkan Rezeki dan Menjadi Sosok Dermawan
Banyak manfaat dan keutamaan membaca surat Al Waqiah, salah satunya akan dilimpahi rezeki dan bisa menjadi sosok dermawan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Quran yang terdiri dari 96 ayat. Terdapat sejumlah khasiat yang diperoleh dengan membaca surat di juz ke-27 tersebut.

Penamaan surat ini diambil dari ayat pertama dari kata Al Waqiah yang berarti hari kiamat. Sehingga surat yang termasuk ke dalam golongan Makkiyah ini menjadi sebuah peringatan akan akibat buruk bagi para pendosa di hari akhir nanti.

Dalam surat Al Waqiah ini juga terdapat penjelasan tentang penciptaan seluruh makhluk hidup dan elemen yang ada di Bumi untuk memperlihatkan kemahakuasaan Allah SWT.

Dengan membaca Surat al Waqiah ini, umat muslim dapat memperoleh banyak khasiat, yang diantaranya.

1. Dilimpahkan Rezeki

Buya Arrasy Hasyim dalam salah satu tayangan tausyiahnya menjelaskan, mengatakan surah Al Waqiah mampu mendatangkan rejeki yang berlimpah namun dengan catatan harus yakin akan surat tersebut.

"Bahkan, bila kita membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali insyallah rezeki besar akan datang kepada kita,"ungkapnya.

2. Dikabulkan Hajatnya

Bila membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majlis atau dengan duduk, maka atas izin Allah SWT seluruh keinginannya akan dipenuhi. Terutama yang berkaitan dengan rezeki.

3. Dijauhkan dari Kemiskinan

Khalifah Utsman bin Affan pernah bermaksud memberi sejumlah harta kepada Abdullah bin Mas’ud untuk putra-putrinya, namun ditolak. Hal itu karena Abdullah bin Mas'ud tidak khawatir menderita kemiskinan. Ia pun kemudian menyampaikan sabda Rasulullah yang pernah didengarnya yang berbunyi sebagai berikut:

"Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya." (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

4. Tidak Menderita Saat Sakaratul Maut

Jika semasa hidup seseorang ini kerap membaca surat Al Waqiah atau dengan cara membacakan surat tersebut pada orang yang sedang menjelang sakaratul maut, maka ruh yang keluar dari jasad seseorang itu akan dipermudah dan tidak merasa siksaan yang terlalu lama.

5. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah juga akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

“Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117)

6. Memberikan Ketenangan

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

7. Menjadi Sosok yang Dermawan

Mengamalkan surat Al Waqiah yang dibacakan sebanyak 3 kali sesudah selesai salat subuh dan juga 3 kali sesudah menunaikan salat isya, maka insha Allah tidak akan berlalu masa tersebut, yang akan menjadikan seseorang sebagai hartawan dan juga dermawan yang selalu bersyukur.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)