Khasiat Surah Al-Ankabut, Salah Satunya sebagai Penyembuh Sakit Demam dan Malas

Selasa, 18 Juli 2023 - 08:36 WIB
loading...
Khasiat Surah Al-Ankabut, Salah Satunya sebagai Penyembuh Sakit Demam dan Malas
Surah Al-Ankabut sebagai wasilah doa untuk meredakan penyakit demam, panas, malas, gelisah tak menentu dan ragu-ragu. Foto/Ilustrasi: Masyudi
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Al-Ankabut , Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meminumnya maka akan hilang penyakit demam darinya dan berbagai penyakit lainnya.

Selain demam , surah ini sebagai wasilah doa untuk meredakan penyakit malas, gelisah tak menentu dan ragu-ragu. Caranya bisa hanya dengan membaca Surat Al-Ankabut sehabis salat fardhu secara istikamah.

Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah orang mukmin dan mukminat, serta munafiqin dan munafiqat. Dan barangsiapa yang menulisnya dan meminum airnya, maka hilanglah seluruh kesakitan dan penyakitnya dengan izin Allah."



Laba-Laba

Surat Al-Ankabut artinya adalah "laba-laba". Surat yang terdiri atas 69 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia dinamakan Surat Al-Ankabut karena mengambil dari lafal al-ankabut yang terdapat pada ayat ke-41, di mana Allah mengumpamakan para penyembah berhala itu seperti laba-laba yang percaya terhadap sarangnya, baik sebagai tempat berlindung maupun sebagai perangkap untuk menjerat mangsanya.

Sedangkan apabila sarang itu terkena hantaman benda keras, atau angin yang kencang, ia pun hancur dengan mudahnya.

Berhala itu tidak mampu menolong mereka sendiri sebagaimana kisah Nabi Ibrahim yang menghancurkan mereka, apalagi menolong para penyembahnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)