Kisah Menara Masjid Al-Siraji yang Berusia 300 Tahun Diratakan dengan Tanah

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Ali Nazim, seorang penduduk Basra, mengatakan bahwa dia setuju dengan tujuan memperluas jalan dan memungkinkan arus lalu lintas yang lebih baik, tetapi "cara itu dilakukan telah menimbulkan kemarahan."

Insiden tersebut telah memicu pembicaraan yang lebih luas tentang pelestarian situs sejarah dan warisan budaya Irak.

“Di negara lain, mereka bahkan melindungi pohon selama perluasan jalan,” kata Ali Hilal, seorang fotografer Irak yang berdedikasi untuk mempromosikan situs bersejarah di Irak. “Mengapa kami menghancurkan situs berusia 3 abad untuk memperlebar jalan?”

Setelah keributan itu, gubernur Basra mengatakan sebuah perusahaan Turki yang berspesialisasi dalam pelestarian warisan mungkin bertanggung jawab untuk membangun kembali menara dari puing-puing.

Jotheri mengatakan dia ragu itu mungkin. Dia mencatat bahwa batu bata menara tidak diberi nomor untuk memungkinkan pemasangan kembali, dan penggunaan buldoser merusak fitur unik dari batu bata.

"Setiap pengunjung Basra selama 300 tahun terakhir telah melihat dan membentuk kenangan dengan menara ikonik itu," katanya. "Tapi sekarang, baik putraku maupun putramu tidak akan memiliki kesempatan untuk menyaksikannya."

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)