Mengenal Pengatur Suhu Ruangan di Kota Kuno Yazd Iran

Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:12 WIB
loading...
Mengenal Pengatur Suhu Ruangan di Kota Kuno Yazd Iran
Tidak seperti AC yang boros energi, AC ini hemat biaya dan bebas karbon. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Kota gurun Yazd, Iran , adalah salah satu kota terpanas di dunia. Suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celcius di musim panas. Di sini rumah-rumah dilengkapi dengan menara-menara tinggi seperti cerobong yang menjulang. Fungsi cerobong ini untuk mengarahkan angin ke dalam rumah sehingga ruangan menjadi sejuk.

Arab News melaporkan penangkap angin, yang disebut badgir dalam bahasa Persia , hanyalah salah satu keajaiban teknik yang dikembangkan penduduk di kota kuno di Iran bagian tengah ini. Dan, tidak seperti AC yang boros energi, AC ini hemat biaya dan bebas karbon.

“Selama berabad-abad, sebelum kita memiliki listrik, mereka memungkinkan untuk mendinginkan tempat tinggal,” kata Abdolmajid Shakeri dari perwakilan kementerian warisan budaya dan pariwisata Iran.

Penangkap angin yang tertua berasal dari abad ke-14. Tetapi fitur arsitekturnya diyakini berasal dari 2.500 tahun ketika Kekaisaran Persia menguasai sebagian besar Timur Tengah.

“Badgir memainkan peran kunci dalam kemakmuran kota,” kata Shakeri tentang kota gurun yang merupakan perhentian karavan di Jalur Sutra kuno.

“Berkat badgir, orang hidup nyaman,” tambahnya, menggambarkan bagaimana penangkap angin menarik udara segar ke dalam gedung dan membiarkan udara panas berventilasi keluar melalui slot vertikal yang besar.



Majid Oloumi, kepala taman Dowlatabad, rumah bagi penangkap angin setinggi 33 meter (100 kaki) yang menjulang tinggi — salah satu yang tertinggi di dunia — menggambarkan metode pendinginan sebagai “benar-benar bersih karena tidak menggunakan listrik maupun bahan pencemar”.

UNESCO mendaftarkan Yazd sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2017, menggambarkan kota itu sebagai "kesaksian hidup untuk penggunaan cerdas sumber daya terbatas yang tersedia di gurun untuk bertahan hidup."

Arsitektur bioklimatik yang memberikan kenyamanan termal bagi masyarakat Yazd telah menarik minat di tempat lain di planet yang memanas.

“Badgir menunjukkan bahwa kesederhanaan dapat menjadi atribut penting untuk keberlanjutan,” kata arsitek Roland Dehghan Kamaraji yang berbasis di Paris. Dia telah mempelajari penangkap angin Iran. “Ini bertentangan dengan kesalahpahaman umum bahwa solusi berkelanjutan harus rumit atau berteknologi tinggi,” tambahnya.

Di komunitas perkotaan berkelanjutan yang disebut kota Masdar di Uni Emirat Arab, bangunan telah "dirancang untuk memanfaatkan ventilasi alami untuk pendinginan, seperti badgir," katanya.

Demikian pula, ventilasi yang terinspirasi oleh "gundukan rayap, pendekatan yang mirip dengan badgir" dibangun di atas Eastgate Center, pusat perbelanjaan dan kompleks perkantoran di Harare, Zimbabwe.
Namun, tradisi arsitektur unik Yazd sebagian besar telah ditinggalkan di tempat kelahirannya.

“Sayangnya, warisan nenek moyang kita sudah dilupakan, terutama sejak munculnya AC," kata Oloumi.



Kota tua Yazd adalah labirin jalan-jalan sempit dan gang-gang beratap. Bangunannya yang berusia berabad-abad yang terbuat dari tanah liat, batu bata lumpur, dan batako semuanya memberikan isolasi terhadap panas terik.

Tapi rumah-rumah tua sangat kontras dengan bangunan semen modern dan jalan multi-jalur. “Saat ini, arsitektur rumah meniru negara lain, dan konstruksi berbasis semen tidak sesuai dengan iklim Yazd,” tambahnya.

Kamaraji mengatakan arsitektur bioklimatik telah berkurang karena kendala ekonomi dan metode konstruksi modern yang "sebagian besar mendukung penggunaan bahan intensif energi dan bahan bakar fosil."

Fitur arsitektur berkelanjutan lainnya dari Yazd adalah sistem saluran air bawah tanah yang disebut qanats, yang mengangkut air dari sumur bawah tanah, akuifer, atau pegunungan.

“Saluran air bawah tanah ini sangat berguna,” kata Zohreh Montazer, pakar sistem air. “Ini merupakan sumber pasokan air dan memungkinkan untuk mendinginkan tempat tinggal dan mengawetkan makanan pada suhu yang ideal.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)