Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air, Tutup Rangkaian Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:47 WIB
loading...
Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air, Tutup Rangkaian Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menutup rangkaian penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023. Foto/MPI
A A A
TANGERANG - Kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji Indonesia akhirnya tiba di Tanah Air pada Jumat (4/8/2023). Kloter 88 asal Surabaya itu mendarat dengan selamat dan sekaligus menutup rangkaian penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023.

Sementara itu, sebanyak 355 petugas haji juga telah pulang ke Indonesia meskipun masih ada 5 petugas yang tertinggal.



"Dan saya juga barusan menjemput 355 petugas haji yang tersisa sebenarnya besok masih ada 5 orang tertinggal," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (5/8/2023).

Yaqut melanjutkan bahwa ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Salah satunya bagaimana kualitas pelayanan terhadap jamaah haji, serta koordinasi dengan Pemerintah Saudi Arabia sebagai penyedia layanan haji.

"Banyak hal yang harus segera kita perbaiki untuk memberikan pelayanan kepada jemaah lebih maksimal di tahun akan datang terutama bagaimana posisi Pemerintah Indonesia terhadap penyedia layanan pelayanan haji di Saudi Arabia di pihak ketiga di sana," jelasnya.

Selain itu, Kementerian Agama juga memberikan perhatian khusus terhadap petugas haji yang sudah bekerja keras membantu para jemaah haji terutama jemaah berusia lanjut. Apresiasi juga akan diberikan karena banyak petugas haji yang bekerja di luar tugas pokok mereka.



"Dan kami ingin menyampaikan terima kasih secara khusus atas dedikasi kerja keras petugas haji Indonesia, kita tahu ada petugas yang harus menggendong jemaah, me
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)