Tadabbur Ayat Al-Qur'an, Mintalah Pertolongan dengan Sabar dan Salat

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 15:01 WIB
loading...
Tadabbur Ayat Al-Quran, Mintalah Pertolongan dengan Sabar dan Salat
Di antara keutamaan sholat berjamaah dapat menghapuskan dosa-dosa dan mendapat naungan Allah pada Hari Kiamat. Foto/ist
A A A
Tadabbur ayat Al-Qur'an kali ini kita akan membahas hikmah sabar dan sholat dalam Surat Al-Baqarah Ayat 45. Ayat ini cukup popoler di kalangan muslim karena sering disampaikan dalam berbagai kajian.

Kandungan Surat Al-Baqarah ayat 45 ini berisi perintah Allah untuk melaksanakan sholat dan bersabar. Mari kita simak firman Allah berikut:

وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ

Wasta'iinuu bisshabri was Shalaah; wa innahaa lakabiirotun illaa 'alal khaasyi'iin.

Artinya: "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS Al-Baqarah Ayat 45)

Penjelasan
Dalam tafsir ringkas Kemenag, makna sabar dalam ayat di atas adalah sikap dan perilaku tabah menghadapi kenyataan yang terjadi dan mampu mengendalikan emosi. Dengan sikap tenang dan penuh perhitungan akan menghindarkan seseorang dari kegagalan.

Bersikap sabar berarti mengikuti perintah-perintah Allah dan menjauhkan diri dari larangan-larangan-Nya. Di antaranya dengan cara mengekang syahwat dan hawa nafsu dari perbuatan terlarang.

Adapun perintah sholat dapat mencegah kita dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Dengan melaksanakan salat kita akan selalu ingat kepada Allah, sehingga akan menghalangi kita dari perbuatan-perbuatan yang buruk.

Sholat adalah ibadah yang sangat utama di mana kita dapat bermunajat kepada Allah lima kali setiap hari. Rasulullah ﷺ apabila menghadapi masalah berat, beliau melaksanakan sholat. (Riwayat Ahmad)

Dalam riwayat lain beliau bersabda: "Dan dijadikan ketenangan hatiku di dalam sholat." (HR Ahmad dan an-Nasa'i)

Sholat akan dirasakan berat dan sukar, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. Yaitu, orang yang benar-benar beriman dan taat kepada Allah dan melakukan perintah-perintah-Nya dengan ikhlas karena mengharapkan ridha Allah semata.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)