Teks Doa Peringatan 17 Agustus untuk Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:53 WIB
loading...
Teks Doa Peringatan 17 Agustus untuk Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia
Doa-doa peringatan 17 Agustus atau HUT Kemerdekaan RI ini, biasanya ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan bangsa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa-doa peringatan 17 Agustus atau HUT Kemerdekaan RI ini, biasanya ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan bangsa. Selain itu, doa peringatan ini memuat harapan masa depan Indonesia yang lebih baik, serta harapan agar masyarakat Tanah Air semakin teguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh-contoh doa dalam Peringatan 17 Agustus atau HUT Kemerdekaan RI ini, di antaranya:

Contoh 1

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ * حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ


Artinya : Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu. Pada keheningan malam ini, kami mengenang jasa para ksatria kusuma bangsa Indonesia yang telah gugur mendahului kami, demi kejayaan bangsa dan negara.
Dengan rasa ikhlas dari lubuk hati yang dalam, kami memohon ke hadirat-Mu, kiranya Engkau berkenan mengampuni dosa para pahlawan pendahulu kami serta menerima pengabdian dan darma bakti mereka sebagai amal syuhada bangsa dan negara kami.

Ya Allah Ya Tuhan kami, Limpahkanlah taufiq dan hidayah-Mu kepada kami. Jadikanlah jiwa dan semangat patriotisme para pahlawan pendahulu kami terus menggelora dan mengilhami setiap langkah kami membangun bangsa dan negara di tengah perubahan terus menerus tanpa henti.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Perkasa, Kami menyadari bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada bangsa Indonesia adalah anugerah yang telah ditebus dengan pengorbanan jiwa dan raga putera-putera bangsa kami.

Oleh karenanya berilah kami kekuatan, ketabahan, kemampuan serta bimbingan lahir batin untuk memelihara dan mengisi kemerdekaan ini sebagai bentuk amanat-Mu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui, Berikanlah kami stabilitas kehidupan berpolitik, berdemokrasi dan percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, agar tercipta bangsa kami yang bersatu, aman, adil demokratis dan sejahtera.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, Kabulkanlah doa dan permohonan kami, ampunilah segala kesalahan, dan kealpaan serta dosa kami.

Contoh 2

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ * حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ أَللَّهُمَّ صَلَّ وَسَلّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ


Artinya :
Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, Puji dan syukur kami persembahkan kehadirat-Mu, atas Rahmat-Mu kami dapat berkumpul di sini dalam rangka upacara penganugerahan Tanda Kehormatan tahun 2013 kepada putra-putri terbaik bangsa yang telah memberikan dharma baktinya kepada bangsa dan negara, kiranya Engkau senantiasa memberikan berkah dan perlindungan kepada kami semua.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, Penganugerahan Tanda Kehormatan adalah pengakuan tulus dan ungkapan terima kasih kami atas pengabdian dan pengorbanan mereka. Terimalah persembahan dan dharma bakti mereka Ya Allah. Tidak saja sebagai pengabdian kepada tanah air, bangsa dan negara, tetapi juga sebagai amal ibadah kepada-Mu Ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana, Jadikanlah kami sebagai bangsa yang pandai mensyukuri nikmat-Mu, dan bangsa yang menghargai dan berterimakasih kepada para pahlawannya. Berikanlah kami taufiq dan hidayah-Mu, agar kami dapat menjadi pewaris dalam mengemban amanat para pahlawan dan syuhada' untuk mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta mewujudkan negara yang adil dan makmur di bawah Ridho-MU.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun, Ampunilah dosa kami, dosa orang tua kami, para pemimpin dan pahlawan kusuma bangsa kami. Terimalah amal bhakti mereka, Amin.

diakhiri dengan bacaan :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ * وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ * وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ


Contoh 3

Bismilahirohmannirohim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, washalatu wassalamu ‘alaa sayyidil mursalin, wa ala alihi washohbihi ajma’iin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)