Khasiat Surat Al-Mumtahanah, Mengobati Gangguan pada Limpa

Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:31 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Mumtahanah, Mengobati Gangguan pada Limpa
Al-Mumtahanah artinya wanita yang diuji. Surat ini terdiri atas 13 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Mumtahanah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan hendaklah ditulis selama tiga hari berturut-turut dan diminumkan kepada seseorang yang terkena gangguanpada limpanya.



Dalam kitab Tafsirul Burhan juga dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mumtahanah), maka para malaikat akan mendoakan dan memohonkan ampunan untuknya. Ketika ia meninggal di hari itu, atau malam harinya, maka ia telah meninggal dalam keadaan syahid, dan orang-orang mukmin akan menolongnya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menulisnya (memasukkannya ke dalam air) dan meminumnya selama tiga hari berturut-turut, maka ia akan terhindar dari penyakit limpa, dan aman dari rasa sakitnya, dengan izin Allah.”

Sedangkan dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan Ali bin Hasan berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Mumtahanah di dalam salat fardu dan sunahnya, maka Allah akan memantapkan iman di hatinya, menyinari penglihatannya, tidak menimpakan kefakiran selamanya dan badannya tidak akan terkena penyakit gila, begitu juga atas anak-anaknya.”

Al-Mumtahanah artinya “wanita yang diuji”. Surat ini terdiri atas 13 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Ahzab. Ia dinamakan Surat Al-Mumtahanah karena merujuk pada lafaz famtahinu hunna, yang artinya “maka ujilah mereka”, sebagaimana yang terdapat pada ayat 10.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)