Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:04 WIB
loading...
Niat Wudhu, Tata Cara Beserta Doa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya ibadah sholat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Niat wudhu dan tata caranya wajib diketahui setiap muslim karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Kewajiban berwudhu sebelum sholat ini dijelaskan dalam Al-Qur'an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Wahai sekalian orang yang beriman, bila kamu berdiri akan melakukan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan sikut, dan usaplah kepalamu, dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki...." (QS Surat Al Maidah Ayat 6)

Niat Wudhu
Ketika wudhu, niat ini dibaca dalam hati atau boleh dilafazkan ketika membasuh wajah untuk yang pertama kali. Ulama Hanabilah berkata bahwa niat adalah syarat wudhu dan niat tetap sah walaupun telah didahului perbuatannya.

Berikut bacaan Niatnya:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitul Wudhu' A Lirof'il Hadatsil Ashghori Fardhol Lillaahi Ta'aala.

Artinya : "Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Wudhu

1. Membasuh Wajah
Membasuh wajah ini dilakukan sebanyak tiga kali. Disunnahkan membasuh bagian atas wajah terlebih dahulu dan menyela-nyela jenggot dan jambang. Usahakan membasuh wajah dengan rata. Batas wajah yang harus dibasuh dari atas ke bawah, mulai dari tempat tumbuhnya rambut hingga kedua tulang dagu.

2. Membasuh Lengan
Cara membasuhnya adalah dimulai dari ujung jari-jari dan merambat hingga ke siku, dengan catatan perlu didahulukan tangan kanan. Masing-masing gerakan ini juga perlu diulang sebanyak tiga kali.

3. Membasuh Rambut Kepala
Kumpulkanlah air di telapak tangan terlebih dahulu, sebelum diusapkan pada rambut kepala mulai dari bagian depan ke belakang dan kembali ke depan. Dengan cara ini maka dapat dilakukan dengan sekali ataupun tiga kali.

4. Membasuh Kaki
Cara untuk membasuh kaki ini tidak hanya dengan didiamkan dalam air yang mengalir, namun juga perlu dibasuh menggunakan tangan hingga minimal sampai mata kaki atau disunnah untuk dilebihkan.

5. Dilakukan Secara Berurutan atau Tartib
Artinya tata cara di atas harus dikerjakan secara berurutan. Kemudian setelah selesai wudhu, disunnahkan membaca doa.

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wahdahuu laa Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan 'Abduhuu wa Rosuuluhuu. Alloohummaj'Alnii Minat Tawwaabiina Waj'Alnii Minal Mutathohhiriina.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (saleh)."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)