Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya

Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:15 WIB
loading...
Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
Puasa nazar dapat dikerjakan dengan cara berniat untuk menjalankan puasa sebagai pelaksanaan dari sesuatu yang dijanjikan atau di-nazarkan sebelumnya.. Foto ilustrasi/ist
A A A
Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Sehingga, jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa.

Sebagai contoh, ada seorang siswa bernazar apabila lulus ujian dengan nilai yang bagus ia akan berpuasa 2 hari. Setelah menerima hasil ujian ternyata ia mendapat nilai yang bagus. Maka ia wajib juga melaksanakan nazarnya.

Hal tersebut sesuai dengan hadis berikut ini:

وَعَنْ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِّى نَذَرْتُ فِى الْجَاهِلِيَّةِ اَنْ اِعْتَكَفَ لَيْلَةً فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، قَالَ: فَاَوْفِ بِنَذَرْكَ


Artinya: Dari Umar ra, ia berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya bernazar pada masa jahiliyah akan beriktikaf semalam di Masjidil haram." Beliau bersabda, "Penuhilah nazarmu". (H.R Muttafaq 'Alaih)

Niat Puasa Nazar dan Artinya

Mengerjakan puasa nazar sama dengan melaksanakan puasa-puasa lainnya, baik itu puasa wajib maupun puasa sunah.Yang membedakan hanya niatnya yaitu untuk melakukan puasa nazar. Puasa nazar dapat dikerjakan dengan cara berniat untuk menjalankan puasa sebagai pelaksanaan dari sesuatu yang dijanjikan atau di nazarkan sebelumnya.

Berikut ini lafadz niat puasa nazar lengkap dengan latin dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالىَ


Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta'ala"

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5332 seconds (0.1#10.140)