Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:33 WIB
loading...
Nama-Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui
Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sebelum membahas nama-nama 25 nabi, selayaknya mengetahui terlebih dahulu apa itu nabi. Nabi adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sehingga tanpa ada kewajiban baginya untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada orang lain.

Dalam "Ensiklopedi Islam Indonesia" dijelaskan bahwa Nabi (jamaknya anbiya’ atau nabiyyun), yang merujuk pada bahasa Arab berarti “orang yang memberitakan atau menyampaikan berita”.

Dalam sejarah kamus, dijelaskan pula bahwa an-Nabiy itu berarti “orang yang menyampaikan berita dari Allah Ta’ala tentang keesaan-Nya, menjelaskan masalah-masalah yang gaib, dan memberitahukan bahwa dirinya adalah seorang nabi”. Seseorang dapat dikatakan sebagai Nabi sebab memiliki derajat yang tinggi di hadapan manusia lainnya.



Dalam Ensiklopedi Islam Indonesia juga menjelaskan bahwa Nabi adalah seorang utusan Allah SWT yang membawakan ajaran agama yang telah dibawakan oleh para Rasul sebelumnya.

Sementara itu, Rasul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT, tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus disampaikan kepada umatnya. Maka dari itu, terdapat pernyataan bahwa “Nabi itu belum tentu Rasul, sedangkan Rasul sudah pasti adalah seorang Nabi.”

Rasul (jamaknya adalah Rusul), itu berarti “utusan” atau “duta”. Apabila dalam Al-Quran, sering menyebutnya sebagai al-mursalun (orang-orang yang dikirim) sebagai seorang utusan Tuhan yang mengajarkan agama atau wahyu yang baru.



Berikut nama-nama 25 nabi dan rasul secara berurutan:

1. Nabi Adam AS
2. Nabi Idris AS
3. Nabi Nuh AS
4. Nabi Hud AS
5. Nabi Saleh AS
6. Nabi Ibrahim AS
7. Nabi Ismail AS
8. Nabi Ishaq AS
9. Nabi Luth AS
10. Nabi Ya’qub AS
11. Nabi Yusuf AS
12. Nabi Syu’aib AS
13. Nabi Ayyub AS
14. Nabi Dzulkifli AS
15. Nabi Musa AS
16. Nabi Harun AS
17. Nabi Daud AS
18. Nabi Sulaiman AS
19. Nabi Ilyas AS
20. Nabi Ilyasa AS
21. Nabi Yunus AS
22. Nabi Zakaria AS
23. Nabi Yahya AS
24. Nabi Isa AS
25. Nabi Muhammad SAW

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)