Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:15 WIB
loading...
Begini Gambaran Jenis Pengobatan di Rumah Sakit pada Era Kejayaan Islam
Bimaristan, seperti contoh abad ke-15 di Edirne, Turki, berlokasi di luar kota, untuk memberikan ketenangan pada pasien (Zirrar Ali/MEE)
A A A
Kini dinamakan rumah sakit . Ini adalah pelanjut apa yang oleh orang Persia dan Arab disebut bimaristan, atau darushifa dalam bahasa Turki . Kata yang berasal dari bahasa Persia ini berasal dari kata orang sakit, bimar, dan akhiran stan yang berarti tempat. Oleh karena itu, bimaristan secara harafiah berarti tempat orang sakit.

Menurut Middle East Eye (MEE), bimaristan berada di garis depan terobosan kemajuan medis selama abad pertengahan, termasuk perkembangan dalam pembedahan, studi anatomi dan penyakit, dan fokus pada kondisi yang kurang terlihat, seperti gangguan psikologis.

Operasi mata (terutama katarak) adalah salah satu kisah sukses pengobatan Islam terbesar, dengan polymath Andalusia Abu Al Qasim Al Zahrawi (Albucasis), dianggap sebagai bapak operasi modern. Beliau tercatat sebagai penulis ensiklopedia 30 jilid tentang praktik medis yang digunakan di Eropa hingga abad ke-18.



Pasien yang menderita penyakit mental diperlakukan dengan cara baru dan cerdik. Terpisah dari populasi pasien umum, lingkungan digunakan sebagai alat penyembuhan alih-alih obat.

Perawatannya meliputi penggunaan cahaya yang berlimpah, suara yang indah (alat musik dan suara air mengalir), banyak udara segar dan percakapan.

Desain dan lokasi bimaristan adalah kuncinya. Darushifa Seljuk, misalnya, akan ditemukan di dalam atau di dekat taman, menggunakan ketenangan yang ditemukan di alam untuk membantu pengobatan.

Salah satu darushifa yang terkenal berada di kota Edirne di barat laut Turki, yang dibangun oleh Sultan Bayezid II.

Didirikan tepat di luar batas kota, tempat ini sangat bergantung pada suara dan wewangian untuk perawatannya, sehingga harus berlokasi jauh dari keramaian dan hiruk pikuk bekas ibu kota Ottoman. Tak perlu dikatakan lagi, kecantikan adalah elemen penting dari bahasa desain untuk darushifa dan bimaristan.

Agar penyakit mental dapat diobati dengan benar, diperlukan diagnosis yang jelas. Ilmuwan, dokter, dan filsuf Persia abad ke-10, Ibnu Sina (Avicenna) berupaya mengatasi penyakit tak terlihat yang sebelumnya diabaikan, terutama rasa sakit yang berhubungan dengan cinta. Dia mendefinisikan psikosis sebagai sesuatu yang tidak bergantung pada kondisi kesehatan mental lainnya.



Karya ensiklopedisnya yang paling terkenal, The Canon of Medicine, tetap tak tertandingi selama lebih dari satu milenium dan diajarkan kepada mahasiswa kedokteran di seluruh dunia hingga abad ke-18.

Sarjana Persia terkemuka lainnya adalah Abu Zayd al-Balkhi, yang risalah paling terkenalnya yang masih ada, Sustenance of the Soul, dari abad kesembilan, mendedikasikan setengah halamannya untuk membahas penyakit psikologis. Dalam bukunya ia berpendapat bahwa penyakit psikologis sama pentingnya - jika tidak lebih - penting untuk ditangani seperti penyakit fisik.

Balkhi berurusan dengan depresi, kecemasan, dan bahkan gangguan obsesif-kompulsif (yang diakui sebagai penyakit nyata hingga abad ke-20 di Barat). Dia juga membagi depresi menjadi dua jenis: lingkungan versus biologis, dan menyarankan pengobatan yang berbeda untuk masing-masing jenis.

Kesehatan mental dianggap serius dan dipisahkan dari praktik keimanan orang beriman, menghilangkan gagasan bahwa suatu penyakit adalah akibat dari dosa pasien.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)