Khasiat Surat An-Nazi'at, Salah Satunya Selamat dari Kejahatan Penguasa Zalim

Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:26 WIB
loading...
Khasiat Surat An-Naziat, Salah Satunya Selamat dari Kejahatan Penguasa Zalim
Barangsiapa  membacanya  saat   berhadapan dengan  musuh maka dia akan selamat  dari  kejahatan mereka. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat An-Nazi'at , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang membacanya saat berhadapan dengan musuh atau penguasa maka dia akan selamat dari kejahatan mereka.



Dalam Tafsirul Burhan disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat-An-Nazi'at), maka ia aman dari azab Allah, Allah akan memberinya minum-minuman yang dingin di hari kiamat. Dan barangsiapa yang membacanya ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya, maka mereka akan berpaling darinya, ia selamat darinya dan tidak akan membahayakannya.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat-An-Nazi'at, maka ia tidak akan mati kecuali dalam keadaan segar (tidak haus), Allah tidak akan membangkitkannya kecuali dalam keadaan segar (tidak haus), dan Allah tidak memasukkannya ke dalam surga kecuali dalam keadaan segar (tidak kehausan).”

An-Nazi’at sendiri artinya adalah “malaikat-malaikat yang mencabut”. Surat ini terdiri atas 46 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat An-Naba’.

Ia diberi nama Surat-An-Nazi'at, karena merujuk pada lafaz an-nazi’at yang terdapat pada ayat pertama. Selain Surat-An-Nazi'at, ia juga diberi nama Surat As-Sahirah, yang diambil dari ayat 14, dan dinamakan juga Surat-An-Nazi'at Ath-Thammah diambil dari ayat 34.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2939 seconds (0.1#10.140)