Malaikat Bisa Berubah Wujud dalam Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:45 WIB
loading...
Malaikat Bisa Berubah Wujud dalam Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril
Malaikat bisa berubah bentuk apa saja. Ilustrasi: ist
A A A
Potongan hadis dari Umar bin Khattab ra yang menceritakan tentang dialog Nabi Muhammad SAW dengan malaikat Jibril tentang Islam, Iman, Ikhsan, dan hari kiamat, dimulai dengan kalimat sebagai berikut:

"Suatu hari, kami duduk-duduk bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba datang kepada kami seorang laki-laki yang sangat putih pakaiannya lagi sangat hitam rambutnya. Tidak terlihat padanya bekas atau tanda-tanda safar. Tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya. Orang tersebut duduk dekat Nabi SAW, dia menempelkan lututnya dengan lutut Nabi SAW, lalu meletakkan kedua tangannya di atas pahanya..."



Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi dalam bukunya berjudul "Syarah 10 Landasan Agama dari Kalimat Nubuwwah" menjelaskan kalimat 'laki-laki yang sangat putih pakaiannya lagi sangat hitam rambutnya' menunjukkan bahwa malaikat bisa berubah wujud.

Dalam Al-Qur’an dan juga hadis diceritakan oleh Allah bagaimana para malaikat berwujud manusia datang kepada Maryam, Nabi Ibrahim as, Nabi Luth as, demikian juga diceritakan dalam hadis shahih bagaimana Malakulmaut datang kepada Nabi Musa as untuk mencabut nyawanya.

Lalu, bagaimana Jibril sering datang kepada Nabi SAW dalam bentuk sahabat Dihyah al-Kalbi ra. Dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, kata Abu Ubaidah Yusuf, perlu diketahui bahwa perubahan wujud malaikat menjadi manusia bukan berarti menunjukkan bolehnya drama atau sandiwara dengan alasan dakwah seperti yang dilakukan oleh sebagian kelompok.

"Malaikat menjelma menjadi manusia adalah dengan izin Allah untuk kebaikan manusia sebab manusia tidak sanggup melihat atau berbicara dengan malaikat. Itulah tujuannya, bukan untuk sandiwara," demikian Abu Ubaidah Yusuf.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)