Khasiat Surat As-Syamsu, Bisa Menyembuhkan Desentri dan Demam

Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:25 WIB
loading...
Khasiat Surat As-Syamsu, Bisa Menyembuhkan Desentri dan Demam
Keistimewaan Surat As-Syamsu: meminum airnya dapat menenangkan disentri. Ilustrasi: al care
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat As-Syamsu , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan meminum airnya dapat menenangkan disentri.

Dalam "Tafsirul Burhan" juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan bersedekah kepada orang yang matahari dan bulan terbit padanya. Dan barangsiapa yang sedikit taufik, maka ia dapat membacanya secara istikamah, maka Allah akan memberikan taufik di mana pun ia berada. Surat ini juga dapat menambah hafalan, diterima di sisi masyarakat dan pangkat (jabatan).”



Selanjutnya, Ash-Sidiq berkata, “Disunahkan bagi orang yang sedikit rezeki dan taufik, serta banyak kerugian dan kesedihan, agar senantiasa membacanya (Surat Asy-Syams), karena di dalamnya terdapat pertolongan. Dan barangsiapa yang meminum airnya, maka dapat menenangkan demam (disertai menggigil) dengan izin Allah.”

Sementara dalam kitab "Tswawabul A’mal" dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang memperbanyak bacaan Surat Asy-Syams, di siang atau malam hari, maka tidak ada suatu yang menghadirinya kecuali bersaksi untuknya di hari kiamat, hingga rambutnya, kulitnya, dagingnya, darahnya, uratnya, syarafnya dan tulangnya. Dan Tuhan pun berfirman, ‘Aku menerima kesaksian kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian untuk hamba-Ku dan Aku akan membalasnya. Pergilah kalian dengannya menuju surga-surga-Ku, hingga ia dapat memilih surga mana pun yang ia inginkan. Lalu berikanlah semua itu kepadanya, bukan sebagai karunia, namun karena rahmat-Ku untuknya. Keutamaan atasnya dan kemudahan untuk hamba-Ku.’”

Asy-Syams sendiri artinya adalah “matahari”. Surat yang terdiri atas 15 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qadar. Ia diberi nama Surat Asy-Syams karena merujuk pada lafaz asy-syams yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)