Keutamaan Menjawab Doa Orang Bersin, Dapat Pahala Hingga Masuk Surga

Jum'at, 01 September 2023 - 20:57 WIB
loading...
Keutamaan Menjawab Doa Orang Bersin, Dapat Pahala Hingga Masuk Surga
Menjawab doa orang yang bersin atau mendoakannya termasuk kewajiban bagi seorang muslim. Terdapat keutamaan besar bagi orang yang menjawab doa orang bersin. Foto/Nasihatsahabat
A A A
Sebagian orang mungkin ada yang menganggap remeh urusan bersin. Padahal di dalamnya ada faedah dan keutamaan besar. Dalam Hadis disebutkan bahwa seorang muslim wajib mendoakan atau membalas doa orang yang bersin.

Bersin merupakan perkara yang disukai Allah Yang Maha Agung sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إَنَّ اللهَ يُحِبُّ العُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ ، فَإذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ وَحَمِدَ اللهَ تَعَالَى كَانَ حَقّاً عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يَقُولَ لَهُ : يَرْحَمُكَ اللهُ ، وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ ، فَإذَا تَثَاءَبَ أحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإنَّ أحَدَكُمْ إِذَا تَثَاءَبَ ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ )) رَوَاهُ البُخَارِيُّ

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi ﷺ bersabda: "Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka, apabila salah seorang di antara kalian bersin dan memuji Allah, maka wajib bagi setiap orang muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan, 'YARHAMUKALLAAH (semoga Allah merahmatimu)'."

Adapun menguap, maka itu adalah dari setan. Apabila salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya semampu mungkin. Karena, jika salah seorang di antara kalian menguap maka setan tertawa karenanya." (HR Al-Bukhari)

Doa Ketika Bersin
Seseorang dianjurkan berdoa setelah bersin dengan mengucap kalimat hamdalah:
ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِينَ

Alhamdulillaahi Rabbil 'Aalamiin.
Artinya: "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam."

Doa Menjawab Orang yang Bersin
Bagi yang mendengar ucapan doa ketika bersin diwajibkan menjawabnya dengan kalimat berikut:

يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukallooh
Artinya: "Semoga Allah melimpahkan rahmat padamu."

Kemudian dianjurkan membalas doa orang yang menjawab bersin dengan kalimat berikut:

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumullooh wa yaslihu balakum.
Artinya: "Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu."

Keutamaan Menjawab Doa Orang yang Bersin
Bersin adalah proses keluarnya udara dari paru-paru melalui hidung dan mulut. Udara itu keluar membawa debu, kotoran dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Bersin termasuk nikmat kesehatan karena dengan bersin seseorang mengeluarkan bibit penyakit. Sedangkan menguap adalah menghirup udara melalui mulut di luar kendali.

Adab Ketika Bersin
Maka hendaknya seorang yang bersin memperhatikan adabnya. Seperti yang icontohkan Rasulullah ﷺ dalam satu Hadis. "Sesungguhnya Nabi ﷺ ketika bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya." (HR At-Tirmidzi)

Di antara keutamaan menjawab doa orang yang bersin selain mendapat pahala menghidupkan Sunnah Nabi juga mendatangkan ridha Allah.

Menjadi Sebab Masuk Surga
Dikisahkan, Imam Abu Dawud (202-275 H) berada di sebuah kapal mendengar orang bersin di pesisir pantai. Orang yang bersin itu mengucapkan hamdalah (ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِينَ) sebagaimana sunnah setelah bersin. Imam Abu Dawud yang mendengar ucapan itu kemudian menyewa sebuah perahu kecil seharga 1 Dirham hanya untuk mendatangi orang yang bersin tadi.

Lalu beliau mengucapkan يَرْحَمُك اللهُ (Yarhamukallah) artinya "semoga Allah melimpahkan rahmat padamu." Setelah itu beliau balik lagi ke kapal. Orang-orang yang berada di kapal terheran-heran dan bertanya mengapa beliau melakukan hal itu.

Imam Abu Dawud menjawab:

لعله يكون مجابَ الدعوة

Artinya: "Barangkali orang yang bersin tadi mustajab doanya."

Kemudian, ketika orang-orang yang di kapal tertidur, mereka mendengar seruan:

يا أهل السفينة، إن أبا داود اشترى الجنة من الله بدرهم

Artinya: "Wahai orang-orang yang di kapal, ketahuilah bahwa sesungguhnya Abu Dawud telah membeli surga dari Allah dengan harga satu Dirham." (Ghiza' Al-Albab karya Imam As-Safarini Al-Hanbali, 1/341)

Itulah di antara keutamaan mendoakan atau membalas doa orang yang bersin. Tidak ada yang jika orang bersin yang kita doakan itu adalah orang yang doanya mustajab yang menjadi sebab kita masuk surga dan mendapat rahmat dari Allah. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)