Khasiat Surat Al-Humazah, Salah Satunya Mengobati Sakit Mata

Selasa, 05 September 2023 - 17:58 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Humazah, Salah Satunya Mengobati Sakit Mata
Hendaklah dibacakan pada mata yang sakit. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Humazah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan hendaklah dibacakan pada mata yang sakit.



Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Humazah), maka ia akan memperoleh pahala sejumlah orang yang mengolok-olok Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Dan jika dibacakan atas (sakit) mata, maka ia dapat bermanfaat baginya."

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Humazah di dalam salat wajibnya, maka Allah menjauhkan kefakiran darinya, mendatangkan rezeki kepadanya, dan menghindarkannya dari kematian yang buruk (su’ul khatimah).”

Al-Humazah sendiri artinya adalah “pengumpat”. Surat yang terdiri atas 9 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Qamariyah. Ia diberi nama Surat Al-Humazah karena merujuk pada lafaz al-humazah yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)