Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Fil

Rabu, 06 September 2023 - 17:21 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Fil
Surat Al-Fil menceritakan tentang pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang ingin meruntuhkan Kakbah di Makkah. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Fil ,Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang membacanya saat peperangan maka dia akan kuat dalam berperang, dan jika dibacakan di antara dua pasukan maka pasukan yang lalim akan kalah.



Dalam kitab Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Fil), maka Allah memberikan karunia pahala seperti orang yang mengelilingi Kakbah (tawaf) dan itikaf di Masjidil-Haram. Dan jika dibacakan di atas makanan yang ditakuti, maka ia dapat menjadi obat di dalamnya, sedangkan orang yang memakannya tidak akan tersikati selamanya.”

Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang bacaan paling banyaknya adalah Surat Al-Fil, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat di atas kendaraan dari kendaraan surga, hingga ia duduk di atas tempat duduknya dari cahaya di hari kiamat.”

Al-Fil sendiri artinya adalah “gajah”. Surat yang terdiri atas 5 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Kafirun. Ia diberi nama Surat Al-Fil karena merujuk pada lafaz al-fil yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.



Surat Al-Fil menceritakan tentang pasukan gajah dari Yaman di bawah pimpinan Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun di mana Baginda Nabi Muhammad Saw. dilahirkan.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)