Begini Keistimewaan dan Khasiat Surat Al-Nashr

Kamis, 07 September 2023 - 08:45 WIB
loading...
Begini Keistimewaan dan Khasiat Surat Al-Nashr
Barangsiapa yang membacanya tujuh kali dalam  waktu salat  maka salatnya akan diterima dan Allah. Ilusttrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Nashr , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang membacanya tujuh kali dalam waktu salat maka salatnya akan diterima dan Allah akan menjadikannya termasuk orang-orang yang suka untuk mengerjakan salat pada waktunya.



Dalam Tsawabul A’mal disebutkan bahwa Abi Abdullah berkata: “Barangsiapa yang membaca Surat An-Nashr di dalam salat sunah atau wajib, maka Allah akan menolongnya dari semua musuhnya, ia akan datang di hari kiamat dengan membaca buku catatan amal, Allah mengeluarkannya dari perut kuburnya dalam keadaan aman dari panasnya Jahanam, neraka, dan hembusan Jahanam. Lalu ia tidak melintasi segala hal di hari kiamat, kecuali akan membahagiakannya dan mengabarkannya dengan kebaikan hingga ia masuk surga. Dan dibukakan untuknya sebab-sebab kebaikan di dunia selama hatinya tidak lemah dan meragu.”

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang syahid bersama Nabi pada hari fathul Makkah, dan barangsiapa yang membacanya dalam salat dan membacanya setelah al-hamdul, maka salatnya akan diterima dengan sebaik-baiknya penerimaan.”

An-Nashr sendiri artinya adalah “pertolongan”. Surat yang terdiri atas 3 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat At-Taubah. Ia diberi nama Surat An-Nashr karena merujuk pada lafaz an-nashr yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)