Bacaan Sholawat Syifa Bahasa Arab Arab, Latin dan Keutamaan

Sabtu, 09 September 2023 - 15:58 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Syifa Bahasa Arab Arab, Latin dan Keutamaan
Sholawat Syifa atau Tibbil Qulub bisa menjadi wasilah untuk kesembuhan segala penyakit, tentunya atas izin Allah. Foto/ist
A A A
Bacaan Sholawat Syifa termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat. Fadhilah bershalawat tidak perlu diragukan lagi karena merupakan perintah langsung Allah dalam Al-Qur'an.

Dalam Hadis disebutkan bahwa Nabi ﷺ bersabda: "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Ada banyak bacaan sholawat yang populer dan dilantunkan umat Muslim. Seperti Sholawat Jibril, Sholawat Badar, hingga Sholawat Syifa atau biasa dikenal dengan Sholawat Tibbil Qulub .

Sholawat Syifa atau Tibbil Qulub dianjurkan untuk dihafal dan dipahami maknanya. Berikut bacaan dan keutamaan Sholawat Syifa.

Bacaan Sholawat Syifa
أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ


Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad ﷺ, sebagai obat hati dan menjadi penawar, penyehat tubuh dan juga memberi kesembuhan penyakit, serta penyinar cahaya penglihatan. Dan semoga rahmat keberkahan dan kesejahteraan tercurah atas keluarga dan sahabat baginda Nabi ﷺ."

Keutamaan Sholawat Syifa
Sebagaimana bacaan sholawat pada umumnya, Sholawat Syifa atau Tibbil Qulub ini memiliki banyak keutamaan. Salah satunya sebagai wasilah untuk kesembuhan penyakit apa pun, tentunya atas izin Allah.

Dalam kumpulan Kalam Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos dikisahkan: "Seseorang yang lemah penglihatannya datang menemui Al-Habib sembari mengeluh. Kemudian beliau mengusap kedua mata lelaki itu dan memerintahkannya untuk memperbanyak membaca Sholawat Tibbil Qulub (Syifa')."

Beliau juga berkata, telah bercerita kepadaku Al-Habib Muhammad bin Zein Ba'abud, beliau berkata: "Penglihatanku diambil, dan aku mengeluh atas keadaan itu kepada Habib Sholeh bin Abdillah Al-Athos. Kemudian beliau mengusap kedua mataku dan berkata: "Bacalah sholawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 300 kali dengan shigot ini: "Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammadin Thibbil Quluubi wadawaa ihaa wa 'aafiyatil abdaani wasifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wasalim (Setelah aku lakukan itu), kemudian penglihatanku kembali seperti semula."

Itulah keutamaan bacaan Sholawat Syifa yang dapat kita amalkan sebagai wasilah untuk menyembuhkan segala penyakit. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)