Jangan Remehkan Doa Saat Melepas Pakaian, Ini Fadhilahnya

Rabu, 13 September 2023 - 21:14 WIB
loading...
Jangan Remehkan Doa Saat Melepas Pakaian, Ini Fadhilahnya
Ketika melepas pakaian atau sandal, disunnahkan mengawalinya dari sebelah kiri dan mengakhirinya dengan sebelah kanan. Foto ilustrasi/dok kamikami
A A A
Setiap muslim dan muslimah hendaknya tidak meninggalkan doa saat melepas pakaian. Sama halnya ketika memakai pakaian, Rasulullah ﷺ juga mengajarkan doa ketika melepas pakaian.

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Yang bisa menutupi aurat anak Adam (manusia) dari pandangan mata Jin, ketika hendak menanggalkan pakaiannya adalah membaca:

ﺑِﺴْﻢ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﻫُﻮَ

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa Huwa.
Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia)." (HRIbnuSunni)

Anjuran doa melepas pakaian juga diketengahkan dalam Hadis Riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلَاءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ اللَّهِ

Artinya: "Penutup antara pandangan Jin dan aurat anak Adam ketika seorang melepas pakaiannya adalah dengan mengucapkan 'Bismillah' (Dengan menyebut nama Allah aku melepas pakaian)." (HR Tirmidzi)

Fadhilah
Syaikh Muhammad Efendi Sa'ad As Sinkawani Al-Jawi mengatakan, keutamaan membaca doa di atas akan menghijab aurat seseorang dari pandangan Jin atau setan, sehingga mereka (jin) tidak akan dapat melihat danmenggodanya.

Adab Memakai dan Melepas Pakaian
Ketika memakai pakaian baik itu sandal, baju gamis, celana disunnahkan memulainya dengan yang sebelah kanan baru kemudian sebelah kiri. Sedangkan ketika melepas pakaian atau sandal, disunnahkan mengawalinya dari sebelah kiri dan menutupnya dengan sebelah kanan.

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Rasulullah ﷺ suka sebelah kanan dalam segala keadaan, seperti memakai sandal, sepatu, berjalan kaki dan bersuci (berwudhu). Apabila memakai sepatu atau seumpamanya, mulai dengan sebelah kanan dan apabila menanggalkannya, mulai dengan sebelah kiri."

Beliau juga bersabda: "Apabila seseorang memakai sendal, mulakan dengan sebelah kanan, dan apabila menanggalkannya, mulai dengan sebelah kiri supaya yang kanan menjadi yang pertama memakai sandal dan yang terakhir menanggalkannya." (HR Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)