Inilah Mereka yang Disiapkan Menghuni Surga 'Adn

Sabtu, 16 September 2023 - 19:01 WIB
loading...
Inilah Mereka yang Disiapkan Menghuni Surga Adn
Surga ‘Adn merupakan surga pada tingkatan kedua dari 8 tingkatan surga. Ilustrasi: Ist
A A A
Surga ‘Adn merupakan surga pada tingkatan kedua dari 8 tingkatan surga . Tempat yang membuat siapa pun kerasan ini dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 72. Di dalam surat tersebut sedikit mengulas tentang surga ‘Adn. Termasuk pembahasan mengenai orang-orang yang pantas untuk masuk ke dalam surga tersebut. Berikut adalah firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 72.

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا وَمَسَٰكِنَ طَيِّبَةً فِى جَنَّٰتِ عَدْنٍ ۚ وَرِضْوَٰنٌ مِّنَ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Wa’adallāhul-mu`minīna wal-mu`mināti jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru khālidīna fīhā wa masākina ṭayyibatan fī jannāti ‘adn, wa riḍwānum minallāhi akbar, żālika huwal-fauzul-‘aẓīm.

Artinya: “Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn. Dan rida Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.” (QS At-Taubah: 72).



Arti Adn

Kalimat surga Adn, Allah sebutkan 11 kali dalam al-Quran. Dan semuanya menggunakan bentuk jamak. Jannaat ‘Adn [arab: جَنَّاتِ عَدْنٍ], artinya surga-surga ‘Adn.

Kata Adn secara bahasa berasal dari kata: adana – ya’dinu – adnan [arab: عَدَنَ – يَـعْدِنُ – عَدْنًـا], yang artinya tinggal atau menetap.

Ungkapan, adana bil makan [arab: عَدَنَ بِالْمَكَانِ] artinya tinggal di suatu tempat.

Turunan dari kata ini adalah ma’din (مَعْدِنُ), yang artinya barang tambang. Karena barang ini Allah ciptakan menetap di bawah batah. (al-Misbah al-Munir, 2/397)



Menurut At-Thabari dalam Tafsir at-Thabari, disebut “Jannat Adn” karena tempat itu berupa kebun-kebun yang abadi dan menjadi tempat tinggal. Tidak ada seorangpun yang pergi meninggalkannya.

Ada juga yang mengatakan, disebut “Jannat Adn” karena surga adalah negeri Allah yang dia istimewakan untuk dirinya dan untuk makhluk-Nya yang dia kehendaki.

Diambil dari kalimat orang arab; ‘Adana Fulan bi Ardhin Kadza’ artinya menempatkan si fulan di daerah tersebut dan menyuruhnya tinggal di sana.

Sedangkan dalam Tafsir Zadul Masir dinyatakan: Firman Allah: ‘Mereka dalam surga-surga Adn’. Kata Abu Ubaid, “Maksudnya dalam surga yang kekal.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)