5 Keistimewaan Rabiul Awal yang Cukup Populer, Nomor 1 Selalu Dirayakan Umat Islam

Minggu, 17 September 2023 - 05:10 WIB
loading...
5 Keistimewaan Rabiul Awal yang Cukup Populer, Nomor 1 Selalu Dirayakan Umat Islam
Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriyah setelah Shafar dan dikenal sebagai bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto/ist
A A A
Keistimewaan Rabiul Awal (رَبِيْعُ الأَوَّلِ) sebagai bulan Maulid Nabi perlu diketahui kaum muslim. Rabiul Awal menjadi istimewa karena banyak peristiwa bersejarah terjadi pada bulan tersebut.

Hari ini kita memasuki 1 Rabiul Awal 1445 H bertepatan Ahad, 17 September 2023. Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriyah setelah Shafar. Bulan ini dikenal sebagai bulan kelahiran sosok manusia terpilih, Nabi Muhammad ﷺ yang setiap tahun dirayakan umat Islam di berbagai negara.



Beberapa peristiwa besar di bulan Rabiul Awal menjelang kelahiran Nabi Muhammad ﷺ diketengahkan dalam riwayat Ath-Thabari dan Al-Baihaqi. Di antaranya:
1. Robohnya 14 balkon istana Kisra Persia. Kejadian ini membuat kaget Raja (Kisra) Persia Anushirwan.
2. Padamnya api yang ribuan tahun disembah kaum Majusi di Persia.
3. Robohnya gereja-gereja di sekitar Danau Sawa (wilayah Irak) setelah airnya menyusut.

Keistimewaan Rabiul Awal
Ada lima keistimewaan bulan Rabiul Awal yang cukup populer. Rabiul Awal dimaknai sebagai bulan musim semi pertama. Bagi umat Islam, bulan ini dikenal sebagai bulan kegembiraan dan suka cita karena kelahiran Nabi besar Muhammad ﷺ. Berikut keistimewaannya:

1. Bulan Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ
Keutamaan Rabiul Awal yang pertama adalah bulan kegembiraan bagi umat Islam karena kelahiran manusia mulia Nabi Muhammad ﷺ. Beliau dilahirkan pada Hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 571 Masehi, ada yang menyebut Tahun 570 Masehi. Pancaran cahaya yang keluar dari langit Makkah di malam yang tenang menjadi saksi lahirnya sosok Nabi penutup zaman tersebut.

2. Bulan Hijrahnya Nabi Muhammad ﷺ dari Makkah ke Yatsrib
Keutamaan berikutnya adalah bulan Hijrahnya Rasulullah ke Madinah, dulu bernama Yatsrib. Nabi Muhammad ﷺ memasuki Kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal (622 M). Beliau mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur pada malam Senin 1 Rabiul Awal dan sampai di Quba pada 8 Rabiul Awal lalu berdiam di sana selama empat hari. Nabi selanjutnya memasuki Madinah pada hari Jumat tanggal 12 Rabiul Awal.

3. Bulan Didirikannya Masjid Pertama dalam Sejarah Islam
Rabiul Awal juga menjadi istimewa karena menjadi bulan didirikannya Masjid Quba, masjid pertama dalam sejarah peradaban Islam. Rasulullah ﷺ mendirikan Masjid Quba pada Rabiul Awal saat perjalanan Hijrah beliau ke Madinah.

Masjid Quba berjarak sekitar 5 Km dari selatan Masjid Nabawi Madinah. Masjid ini didirikan pada 8 Rabiul Awwal atau Tahun 622 M. Rasulullah singgah di Quba selama empat hari, dan beliau memerintahkan untuk membangun Masjid Quba bahkan ikut terlibat dalam proses pembangunannya. Masjid Quba ini didirikan di atas tanah seluas 1.200 meter persegi milik keluarga Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amru bin Auf. Inilah masjid pertama yang dibangun Rasulullah ﷺ dan Sahabat pada 1 Hijriyah.

4. Bulan Digelarnya Sholat Jumat Pertama
Keutamaan lain Rabiul Awal yaitu bulan digelarnya sholat Jumat pertama kali. Rasulullah ﷺ dan para sahabat melaksanakan sholat Jumat pada pekan kedua Rabiul Awwal (622 M) saat beliau Hijrah menuju Madinah. Beliau mengerjakan sholat Jumat di Bani Salim bin Auf sebelum tiba di Kota Madinah. Peristiwa ini menunjukkan bahwa kewajiban sholat Jumat disyariatkan di Madinah.

5. Bulan Wafatnya Nabi Muhammad
Rabiul Awal juga dianggap istimewa karena menjadi bulan wafatnya Nabi Muhammad ﷺ. Beliau wafat pada hari Senin pagi Tanggal 12 Rabiul Awal Tahun 11 Hijriah atau 633 Masehi (ada yang menyebut 632 Masehi). Inilah salah satu keistimewaan Nabi Muhammad ﷺ yang lahir dan wafat pada tanggal yang sama yaitu 12 Rabiul Awal.

Itulah lima keutamaan bulan Rabiul Awal yang populer dengan bulan Maulid Nabi. Hendaknya bulan ini menjadi momentum bagi umat Islam untuk memperbanyak sholawat, mengkaji Sirah beliau dan meneladani akhlak beliau. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2868 seconds (0.1#10.140)