Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya

Senin, 18 September 2023 - 09:58 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya
Keutamaan membaca Surat Al Wakiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan membaca Surat Al Waqiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki, namun selain mengetahui keutamaannya umat muslim juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk membaca surat yang punya 96 ayat tersebut.

Surat Al Waqiah jadi salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki keistimewaannya tersendiri. Bahkan dalam suatu riwayat disebutkan bahwa surat ini perlu untuk diajarkan orang pada anaknya.

سُوْرَةُ الْواقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلَّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ


Artinya : “Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anakmu.”

Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah

Berikut ini beberapa keutamaan surat Al Waqiah yang membuat surat ke-56 dalam Al Quran ini menjadi salah satu yang istimewa.

1. Surat yang Disukai Nabi Muhammad SAW

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: "يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}


Artinya: "Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, "Wahai Rasulullah, Engkau telah beruban." Nabi SAW menjawab, "Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al Waqiah, Al Mursalat, Amma yatasa alun, dan Idzasy syamsu kuwwirat'" (HR Tirmidzi)

2. Menjauhkan dari Kemiskinan

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Artinya : "Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Dalam riwayat lainnya mengisahkan tentang Ibnu Mas’ud pernah menolak pemberian uang dari Sayyidina Utsman.
Sahabat tersebut mengungkapkan : "Saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda: Barang siapa membaca Surat Waqiah tiap malam maka ia tidak akan miskin” (HR Al Baihaqi), Imam Al-Baihaqi berkata: “Ibnu Mas’ud menyuruh anak-anak perempuannya membaca surat Waqiah tiap malam” (Syuabul Iman).

Waktu Terbaik Membaca Surat Al Waqiah

Terdapat beberapa pendapat tentang waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah. Namun seperti yang telah dijelaskan di atas waktu yang paling utama adalah di waktu malam.

"Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

Kemudian ada pendapat dari Imam Muhammad Al-Baqir yang menganjurkan membaca Al Waqiah sebelum tidur, "Barang siapa membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama."

Sementara Imam Ja'far dalam Khazinatul Asrar Kubra menyebutkan, "Barang siapa membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, dia akan dicintai Allah, dicintai manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia. Surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukmin yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi."


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)