Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam

loading...
Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam
Sumur Zamzam, air yang diberkahi terletak di kawasan Masjidil Haram sebelah tenggara Kabah. Foto/dok baitussalam-umroh.com
Ketika Abdullah Ibnul Mubarak , ulama ahli fikih dan ahli hadis (wafat 181 Hijriyah), hendak minum air Zamzam beliau teringat hadis yang diriwayatkannya sendiri, "Air Zamzam berkhasiat sesuai doa yang diucapkan tatkala meminumnya". (HR. Ibnu Majah)

Beliaupun meminumnya seraya berdoa: "Aku meminumnya untuk menghadapi dahaga pada Hari Kiamat ". (Baca Juga: Dari Metode Medis Hingga Rukyah dengan Air Zamzam )

Kata Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni , Beliau ( Abdullah Ibnul Mubarak ) paham betul bahwa air Zamzam bisa menjadi obat untuk segala penyakit. Tetapi beliau tidak meminta yang itu atau meminta hal-hal yang bersifat duniawi dan materi.

"Tidak terbayangkan oleh siapapun jika beliau justru meminta yang sangat penting, besar dan berarti untuk kehidupan yang abadi. Yaitu jangan sampai kehausan di hari yang tidak ada naungan kecuali naungan Allah 'Azza wa Jalla," kata dai yang Imam Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat itu.

Untuk diketahui, air Zamzam adalah air yang penuh berkah. Ia mengandung kesembuhan sekaligus asupan makanan bagi tubuh. Air ini memberikan manfaat sesuai tujuan dan hajat ketika diminum. Semua itu telah dijelaskan oleh dalil-dalil sahih.



Dari Abu Dzar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Air Zamzam adalah makanan mengenyangkan dan kesembuhan dari berbagai penyakit." Dari Jabir ia berkata Rasulullah SAW bersabda: "Air Zamzam berkhasiat sesuai tujuan ia diminum". (Riwayat Imam Ahmad)

Kesembuhan yang Allah berikan kepada orang-orang sakit dengan perantara meminum air Zamzam merupakan realita di tengah-tengah masyarakat zaman dahulu dan sekarang. (Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya )

Ibnul Qayyim RA pernahberkata: "Sungguh aku dan orang-orang telah mencoba meminta kesembuhan dengan perantara air Zamzam . Aku pernah meminta kesembuhan dari beberapa penyakit dengan perantaranya. Lalu aku pun sembuh dengan izin Allah Ta'ala.

Cara Meminum Air Zamzam
Rasulullah SAW pernah minum air Zamzam sambil berdiri sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin 'Abdul Muthollib dalam riwayat Al-Bukhari:

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

"Aku pernah memberikan minum air Zamzam kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan beliau meminumnya sambil berdiri".

Adapun doa yang dianjurkan terdapat dalam riwayat dari Ad-Daruquthniy. Namun doa ini bukan perkataan dari Nabi SAW . Akan tetapi doa ini doa diucapkan Ibnu Abbas RA. Beliau berdoa saat minum air Zamzam:

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

Allahumma inni As-aluka 'ilman Naafi'a wa Rizqon waasi'an wa Syifa'an min Kulli Daa-in

Artinya: Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit. (Baca Juga: Jintan Hitam, Madu, dan Air Zamzam Bisa Jadi Alternatif Obat Corona )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَسُبُّوا الَّذِيۡنَ يَدۡعُوۡنَ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ فَيَسُبُّوا اللّٰهَ عَدۡوًاۢ بِغَيۡرِ عِلۡمٍ ‌ؕ كَذٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ اُمَّةٍ عَمَلَهُمۡ ۖ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمۡ مَّرۡجِعُهُمۡ فَيُنَبِّئُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan. Demikianlah, Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu Dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-An’am:108)
cover bottom ayah
preload video