4 Tempat di Dunia yang Tidak Dapat Dimasuki Dajjal

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 15:13 WIB
loading...
4 Tempat di Dunia yang Tidak Dapat Dimasuki Dajjal
Sebelum Kiamat terjadi, dunia akan dikuasai Dajjal selama 40 hari dengan membawa fitnah yang sangat dahsyat. Namun, ada empat tempat di muka bumi yang tidak dapat dimasukinya. Foto/ist
A A A
Dalam Islam, Dajjal adalah sosok manusia yang akan membuat fitnah besar di akhir zaman. Kemunculannya menjadi salah satu di antara 10 tanda besar Kiamat.

Sebelum Kiamat terjadi, dunia akan dikuasai Dajjal selama 40 hari. Ia diberi kemampuan oleh Allah menguasai dunia sebelum akhirnya mati di tangan Nabi Isa 'alaihissalam. Meski berkuasa 40 hari, namun dapat menyesatkan umat manusia. Hanya empat tempat di muka bumi yang tak dapat dimasuki Dajjal.

Apa sajakah keempat tempat tersebut? Simak ulasannya berikut.

Dalam satu Hadis, Nabi Muhammad ï·º bersabda: "Sesungguhnya ia (Dajjal) muncul di daerah perbatasan antara Syam dan Iraq, sehingga berbuat kerusakan di kanan dan di kiri." (HR Muslim 2937)

Dajjal akan menebar fitnah dan kebohongan hingga ke seluruh negeri, namun Dajjal tidak akan bisa masuk ke dua kota yang disucikan Allah yakni Makkah dan Madinah. Selain itu ada empat tempat suci yang tidak bisa dimasuki Dajjal jika sosoknya sudah muncul.

Rasulullah ï·º bersabda: "Tidak ada satu negeri pun, melainkan semua diinjak oleh Dajjal. Kecuali Makkah dan Madinah. Semua jalan yang menuju ke sana dijaga dengan malaikat dengan berbaris. Maka berhentilah Dajjal di sebuah kebun (di pinggir Kota Madinah). Madinah berguncang tiga kali. Lalu keluarlah semua orang-orang kafir dan munafik dari Kota Madinah menemui Dajjal." (HR Al-Bukhari 1881 dan Muslim 2943)

Dari Samurah bin Jundub, Rasulullah ï·º bersabda: "Dan dia (Dajjal) akan muncul di muka bumi seluruhnya, kecuali dua tempat suci (Makkah dan Madinah) juga Baitul Maqdis." (HR Al-Bukhari, Ahmad, dan Tirmidzi)

Berikut empat tempat yang tidak bisa dimasuki Dajjal :

1. Masjidil HaramMakkah
Masjidil Haram Makkah adalah salah satu tempat suci dalam Islam. Makkah dianggap sebagai tempat paling dimuliakan dalam Islam. Bahkan, Dajjal tidak akan bisa memasuki Kota suci Makah. Ini adalah berita baik bagi para jamaah yang melaksanakan ibadah haji atau umrah, karena tempat suci ini dianggap sebagai perlindungan dari kejahatan Dajjal.

2. Masjid NabawiMadinah
Selain Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Kota Madinah juga merupakan tempat yang tidak dapat dimasuki Dajjal. Di area masjid inilah makam Nabi Muhammad ï·º berada. Keberadaan masjid dan makam Nabi Muhammad ï·º berserta malam keluarga dan sahabat menjadikan kota ini sebagai tempat yang aman dari ancaman Dajjal.

3. Masjidil AqsaPalestina
Masjid Al-Aqsa Palestina dikenal juga sebagai Baitul Maqdis, adalah tempat suci ketiga bagi umat Islam. Hal ini tidak hanya dianggap sebagai tempat suci oleh umat Islam, tetapi juga oleh komunitas non-Muslim.

Dalam perspektif Islam, Masjidil Aqsha adalah tempat pijakan Rasulullah ï·º saat peristiwa Isra Mi'raj. Beliau juga memimpin sholat di masjid ini bersama para Nabi. Selain itu, Masjid Al-Aqsa juga memiliki signifikansi sebagai kiblat untuk umat Islam generasi awal selama 17 bulan setelah hijrah, sebelum kemudian dialihkan ke Kakbah di Masjidil Haram. Sehingga tempat ini menjadi salah satu tempat yang tidak bisa dimasuki Dajjal ketika turun ke bumi menjelang hari akhir zaman.

4. Masjid Ath-Thur
Lokasi Masjid Ath-Thur, tempat di mana Nabi Musa 'alaihissalam menerima wahyu dari Allah. Tidak diketahui pasti dimana lokasinya. Ayat dalam Al-Qur'an mengacu pada Bukit Thursina, yang diperdebatkan dalam tafsir Islam.

Sebagian ahli tafsir meyakini bahwa Bukit Thursina berada di Gunung Munajah, yang terletak di wilayah Mesir, dekat Gunung Musa, yang terkait dengan Semenanjung Sinai.Pendapat lain menyatakan bahwa lokasi ini terletak di luar Mesir, mengingat peristiwa Nabi Musa keluar dari Mesir setelah dikejar oleh Firaun.Versi ketiga mengidentifikasi tempat yang diduga sebagai Bukit Thursina di sebelah selatan Nablus (Palestina), yang juga dikenal sebagai Jurzayem.

Demikian ulasan mengenai empat tempat yang tidak bisa dimasuki Dajjal. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)