Kapan Kalimat Masya Allah Tabarakallah Diucapkan? Ini Penjelasannya

Senin, 23 Oktober 2023 - 23:55 WIB
loading...
Kapan Kalimat Masya Allah Tabarakallah Diucapkan? Ini Penjelasannya
Kalimat Masya Allah Tabarakallah adalah doa atau ucapan yang dianjurkan ketika melihat hal yang mengagumkan dari orang lain. Foto/dok Pinterest
A A A
Sebagian muslim ada yang bertanya, kapan sebaiknya mengucapkan kalimat Masya Allah Tabarakallah (مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ)? Simak penjelasan Ustaz Farid Nu'man Hasan berikut.

Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia ini menjelaskan, kalimat tersebut digunakan ketika seseorang melihat sesuatu yang mengagumkan dari anaknya atau hartanya, maka hendaknya mengucapkan: "Masya Allah laa quwwata illaa billaah"

Dalilnya:
Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

وَلَوْلَاۤ اِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ اللّٰهُ ۙ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للّٰهِ ۚ اِنْ تَرَنِ اَنَاۡ اَقَلَّ مِنْكَ مَا لًا وَّوَلَدًا

Artinya: "Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan 'Masya Allah, la quwwata illa billah' (sungguh atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu." (QS Al-Kahfi [18] Ayat 39)

Adapun saat melihat hal yang mengagumkan dari orang lain, maka dianjurkan mengucapkan:

مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ

Masyaa Allah Tabaarakallaah.

Dalilnya:

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيَدْعُ لَهُ بِالْبَرَكَةِ

Artinya: "Jika kalian melihat hal yang mengagumkan dari saudaranya maka doakanlah dengan keberkahan." (HR Ibnu Majah 3509, Shahih)

Arti Masya Allah Tabarakallah adalah "inilah yang dikehendaki oleh Allah". Bisa juga diartikan "Allah telah berkehendak akan hal itu, semoga Allah memberkahinya".

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)