Keadaan Bumi Ketika Terjadi Hari Kiamat, Ini Sekilas Gambarannya

Senin, 30 Oktober 2023 - 20:52 WIB
loading...
A A A
Ketika menafsirkan ayat ini, Umar Sulaiman menyatakan bahwa Allah menerbangkan gunung-gunung. Bumi menjadi sama rata (مستوية) yaitu menjadi seperti padang yang terbentang luas (بادية) pada pandangan zahir. Pada permukaan bumi tidak ada suatu yang terpacak tegak (مَعلم) dan tidak pula ada tempat sembunyi (يواري). Hal ini didukung oleh penafsiran lain yaitu, pada saat itu bumi akan menampakkan sisi luarannya, dan menghapus segala sesuatu yang menutupinya dari sekalian gunung-gunung, pohon-pohon dan binaan-binaan.

Demikian sekilas gambaran keadaan bumi ketika terjadi Hari Kiamat. Ini baru keadaan bumi yang diguncang hingga rata. Belum lagi keadaan langit yang kelak digulung Allah seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Kemudian gunung-gunung salaing dibenturkan hingga hancur. Lebih dahsyatnya lagi, keadaan lautan akan meluap-luap hingga menjadi api yang menyala naik ke udara.

Hanya kepada Allah-lah kita semua kembali. Dialah pemilik kekuasaan pada Hari Kiamat dan hari pembalasan. Semoga Allah berkenan menyelamatkan kita pada hari yang sangat dahsyat itu.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)