Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:37 WIB
loading...
Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya
Salah satu keutamaan besar ketika membaca surat An-Nahl ini adalah dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit, kesulitan hidup dan utang. Foto/dok SINDOnews
A A A
Hukum bacaan Surat An-Nahl ini perlu diketahui dan dipahami setiap muslim supaya tidak keliru ketika membacanya. Surat An-Nahl terdiri 128 ayat (surat ke-16), termasuk golongan surat-surat Makkiyyah.

Dinamakan An-Nahl karena di dalam surat ini terdapat firman Allah ayat 68 yang artinya: "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah." Salah satu keutamaan besar ketika membaca surat An-Nahl ini adalah dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit, kesulitan hidup dan utang.

Berikut Hukum bacaan Surat An-Nahl dari ayat 1 sampai 3:

1. Surat An-Nahl Ayat 1

اَتٰۤى اَمۡرُ اللّٰهِ فَلَا تَسۡتَعۡجِلُوۡهُ‌ ؕ سُبۡحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ

Artinya: "Ketetapan Allah pasti datang, maka janganlah kamu meminta agar dipercepat (datang)nya. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan."

- اَتٰىٓ (Ataaaaa)
Terdapat hukum bacaan Mad Jaiz Munfashil, karena ada huruf mad bertemu dengan hamzah. Dibaca dengan panjang 2-5 harakat.

- اَمْرُ اللّٰهِ (Amrullaahi)
Terdapat hukum bacaan Idzhar karena ada "mim sukun" bertemu huruf "ra". Dibaca dengan jelas.

Ada pula hukum bacaan Tafkhim sebab lafadz "lam jalalah Allah" didahului huruf hijaiyah "ra berharakat dhommah". Dibaca dengan tebal.

- فَلَا تَسْتَعْجِلُوْهُ (Falaa tasta'jiluuh)
Terdapat dua hukum bacaan Mad Thabi'i yakni ketika huruf "lam berharakat fathah" bertemu "alif" dan "lam berharakat dammah" bertemu dengan "wawu sukun". Dibaca panjang 2 harakat.

- سُبْحٰنَهٗ (Subhaanahu)
Terdapat Qalqalah Sugra, sebab terdapat qalqalah "sin" di tengah kalimat. Dibaca memantul ringan.

Kemudian, ada hukum bacaan Mad Tabi'i karena ada huruf "Ha berharakat fathah" bertemu dnegan "fathah tegak". Dibaca panjang 2 harakat.

Ada pula hukum Mad Shilah Qashirah karena ada huruf "ha dhamir" (kata ganti) bertemu huruf selain hamzah. Dibaca panjang 2 harakat.

- وَتَعٰلٰى (wa Ta'aala)
Terdapat dua hukum bacaan Mad Thabi'i karena ada huruf "ain berharakat fathah" bertemu "alif" dan ada huruf "Lam berharakat fathah" bertemu "alif". Dibaca panjang 2 harakat.

- عَمَّا يُشْرِكُوْنَ ('Ammaa Yusyrikuun)
Terdapat bacaan Ghunnah karena ada huruf mim bertasydid. Dibaca dengan dengung dan ditahan 3 harakat. Selanjutnya, ada Mad Thabi'i sebab huruf "mim berharakat fathah" bertemu "alif". Dibaca panjang 2 harakat.

Terakhir, ada Mad Arid Lissukun sebab huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwakaf. Dibaca panjang 2-6 harakat.

2. Surat An-Nahl Ayat 2

يُنَزِّلُ الۡمَلٰۤٮِٕكَةَ بِالرُّوۡحِ مِنۡ اَمۡرِهٖ عَلٰى مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖۤ اَنۡ اَنۡذِرُوۡۤا اَنَّهٗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَا فَاتَّقُوۡنِ‏

Artinya: "Dia menurunkan para malaikat membawa wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, (dengan berfirman) yaitu, "Peringatkanlah (hamba-hamba-Ku), bahwa tidak ada tuhan selain Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku."

- يُنَزِّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةَ (yunazzilul Malaaikata)
Terdapat hukum bacaan Alif Lam Qamariyah sebab huruf "alif lam" bertemu "Mim". Dibaca jelas.

Selanjutnya, ada Mad Wajib Muttashil karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kalimat. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

- بِالرُّوْحِ (birruuh)
Ada hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah karena huruf "alif lam" bertemu "Ra". Dibaca masuk ke Ra.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)