Hukum Bacaan Surat Al Alaq 1-9, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rabu, 01 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
Hukum Bacaan Surat Al Alaq 1-9, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum bacaan surat al alaq menarik untuk diulas, karena surat ini adalah surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hukum bacaan surat Al - Alaq menarik untuk diulas, karena surat ini adalah surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Surat ini berisi tentang perintah mempelajari ilmu pengetahuan baik ilmu umum maupun ilmu agama . Lebih dari itu, surat ini juga berisi peringatan kepada Abu Jahal yang pernah melarang Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan salat.

Surat Al Alaq sendiri adalah surat yang ke-96 atau setelah surat at Tin dan sebelum surat al-Qadr. Surat ini terdiri dari 19 ayat yang memiliki banyak hukum bacaan, seperti Qalqalah Sugra dan Kubra, Mad Layyin, Tafkhim hingga Ikhfa.

Hukum Tajwid Surat Al Alaq Ayat 1-19

1.
اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ


Latin: Iqra' bismi rabbikal-lażī khalaq(a).

Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan!

اِقْرَأْ
: Hukum tajwidnya Qalqalah Sughra alasannya huruf qalqalah Qaf berada di tengah kalimat cara bacanya dipantulkan ringan.

الَّذِيْ خَلَقَۚ
: Hukum tajwidnya ada 3. Pertama, Alif Lam Syamsiyah alasannya huruf lam bertemu lam. Cara bacanya masuk ke lam. Kedua, Mad Thabi'i alasannya huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Ketiga, qalqalah kubra alasannya huruf qalqalah di akhir kalimat diwaqaf. Cara bacanya dipantulkan keras.

2.
خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ


Latin: Khalaqal-insāna min ‘alaq(in).

Dia menciptakan manusia dari segumpal darah.

خَلَقَ الْاِنْسَانَ
: Hukum tajwidnya ada 3. Pertama, Alif Lam Qomariyah alasannya huruf lam bertemu alif. Cara bacanya idzhar atau lam dibaca jelas. Kedua, Ikhfa alasannya nun sukun bertemu sin. Cara bacanya samar dan dengung serta ditahan. Ketiga, Mad Thabi'i alasannya huruf sin berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

مِنْ عَلَقٍۚ
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Idzhar alasannya nun sukun bertemu 'ain. Cara bacanya jelas. Kedua, qalqalah kubra alasannya huruf qalqalah di akhir kalimat diwaqaf. Cara bacanya dipantulkan keras.

3.
اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ


Latin: Iqra' wa rabbukal-akram(u).

Artinya: Bacalah! Tuhanmulah Yang Maha Mulia,

اِقْرَأْ
: Hukum tajwidnya Qalqalah Sughra alasannya huruf qalqalah Qaf berada di tengah kalimat cara bacanya dipantulkan ringan.

الْاَكْرَمُۙ
: Alif lam qomariyah alasannya huruf lam bertemu alif. Cara bacanya jelas.

4.
الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ


Latin: Allażī ‘allama bil-qalam(i).

Artinya: yang mengajar (manusia) dengan pena.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)