Nabi Idola Kaum Yahudi Ini Memang Fenomenal dalam Al-Quran

Kamis, 02 November 2023 - 10:28 WIB
loading...
Nabi Idola Kaum Yahudi Ini Memang Fenomenal dalam Al-Quran
Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal. Ilustrasi: Ist
A A A
Nabi Musa as adalah nabi yang paling banyak diidolakan kaum Yahudi . Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal.

"Setidaknya ada empat indikasi yang membenarkan hal tersebut. Salah satunya, di dalam al-Qur’an , hampir dari awal sampai akhir, kisah Nabi Musa ada dan bertebaran dalam banyak surat," tulis M Faizol dalam artikelnya berjudul "Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi Al Qur'an" yang dilansir Jurnal Islamica (Maret 2017)..Menurutnya, para sarjana tafsir menghitung, Nabi Musa disebut 136 kali di dalam al-Qur’an.



Hal ini berbeda dengan kisah Nabi Yusuf . Kisah Nabi Yusuf memang detail, tetapi tidak bertebaran di banyak tempat di dalam al-Qur’an. Sedangkan kisah Nabi Musa, tidak terlalu detail, tapi bertebaran di banyak tempat di dalam al-Qur’an.

Detailnya kisah Nabi Yusuf di dalam al-Qur‘an istimewa terjadi pada Nabi Yusuf saja. Nabi-nabi yang lain tidak ada yang dikisahkan secara detail oleh al-Qur’an. Setidaknya, Kisah Nabi Musa dalam al-Quran terdapat dalam 30 (tiga puluh) surat.

"Dari 30 surat ini, dapat dibagi dua kategori: menyebutkan kisah dengan lengkap dan penyebutan sepintas," tulis Syukron Affani dalam artikelnya berjudul "Rekonstruksi Kisah Nabi Musa dalam al-Quran: Studi Perbandingan dengan Perjanjian Lama" yang dilansir Jurnal Al-Ihkam (Juni 2021).

Surat yang menyebutkan sepintas Kisah Nabi Musa ini sebagai berikut: Surat al-Baqarah , Ali Imran , al-Maidah , Yunus , Ibrahim, al-Isra, al-Hajj, al-Mukminun, al-Furqan, alNaml, al-Ankabut, al- Mukmin, al-Dukhkhan, al-Shaff, serta alNaziat. Sedangkan surat yang lebih detail mengisahkan Nabi Musa adalah QS al-A’raf, al-Kahfi, Thaha, as-Syu’ara’, juga al-Qashash.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)