Nabi Ibrahim Khitan di Usia 120 Tahun, Nabi Ismail 13 Tahun

Sabtu, 04 November 2023 - 10:10 WIB
loading...
Nabi Ibrahim Khitan di Usia 120 Tahun, Nabi Ismail 13 Tahun
Nabi Ibrahim khitan saat usianya sudah sepuh yakni 120 tahun. Ilustrasi: Ist
A A A
Nabi Ibrahim khitan saat usianya sudah sepuh yakni 120 tahun. Sedangkan Nabi Ismail dikhitan pada usia 13 tahun. Hal ini disampaikan dalam hadis yang dishahihkan oleh Ibnu Hibban dari Abu Hurairah ra .

Rasulullah menyatakan bahwa Nabi Ibrahim dikhitan pada usia 120 tahun. Kemudian setelah itu Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mengkhitan anaknya Ismail dan semua budak laki-lakinya dan orang laki lainnya. Ismail dikhitan ketika dia berusia 13 tahun.

Sedangkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Nabi Ibrahim as dikhitan pada usia delapan puluh tahun dengan menggunakan alat pemotong (kapak).”



Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul "Kisah Nabi dan Rasul" menjelaskan itu semua merupakan pelaksanaan dari perintah Allah. "Karena itu pendapat yang benar dari para ulama adalah bahwa khitan bagi orang laki hukumnya adalah wajib," ujarnya.

Ibnu Katsir menyebut Nabi Ibrahim diperkirakan wafat pada usia 175 tahun. Ada pula riwayat yang menyatakan bahwa beliau wafat pada usia 190 tahun. Ada pula riwayat yang menyatakan bahwa usianya 200 tahun.

Beliau dikuburkan di sebuah bangunan yang dibangun oleh Nabi Sulaiman bin Daud di daerah Hebron. Di situ pula dikuburkan anaknya Ishaq dan cucunya Ya'qub. Kini tempat tersebut lebih dikenal dengan nama Al-Khalil. "Namun persisnya di mana tempat kuburannya tidak ada khabar shahih yang menunjukkan hal tersebut," tulis Ibnu Katsir.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)