Kisah Al-Ikhwan al-Muslimun Menjadi Organisasi Terlarang

Minggu, 12 November 2023 - 14:28 WIB
loading...
Kisah Al-Ikhwan al-Muslimun Menjadi Organisasi Terlarang
Kendati tetap ilegal tetapi keberadaan al-Ikhwan al-Muslimin cukup terbukti menyuarakan berbagai ide. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Al-Ikhwan al-Muslimun (IM) adalah sebuah gerakan Islam yang aktif menerapkan dan mempromosikan ajaran agama berdasarkan al Qur’an dan Sunah secara ketat dalam kehidupan umat. Gerakan Islam yang bermaksa “saudara-saudara Muslim“ ini didirikan di kota Ismailiyah, Mesir pada tahun 1928 dengan nama Jam’iyat Al-Ikhwan al-Muslimin.

Pendirinya adalah Hasan al-Banna, yang kemudian menjadi figur kharismatik dan dikenal sebagai “Pembimbing Agung” (al-Mursyid al-‘Am).

Bermula dari sebuah kelompok keagamaan yang sederhana al-Ikhwan al-Muslimin cepat berkembang, bahkan pernah merupakan kekuatan politik yang sangat berperan, khususnya di Mesir.



Musyarif dalam papernya berjudul "Hasan Al-Banna Al-Ikhwan Al-Muslimun" menyebut corak dan jenis aktivitas al-Ikhwan al-Muslimin dapat dibagi secara umum menjadi tiga fase: Fase pertama tahun (1928-1936) merupakan masa konsolidasi yang bercorak keagamaan dan sosial. Fase Kedua tahun (1936-1952) merupakan puncak aktivitas al-Ikhwan al-Muslimin secara terbuka. Fase ketiga, semenjak kudeta 1952, merupakan masa pasang surut bagi al-Ikhwan al-Muslimin.

Pada awal masa kekuasaan kelompok Gamal Abdul Nasir, al-Ikhwan al-Muslimin terlihat mendapatkan angin baru untuk melanjutkan kegiatan berkat uluran tangan penguasa baru yang memang membutuhkan segala macam organisasi politik pada 1953, al-Ikhwan al-Muslimin dibiarkan hidup sebagai organisasi non-politik.

Para pemimpin al-Ikhwan al-Muslimin berusaha meyakinkan penguasa baru untuk menjadikan program al-Ikhwan al-Muslimin sebagai program nasional. Memang dalam berbagai kebijaksanaan sosial terlibat kelompok Nasir mengikuti garis besar ide al-Ikhwan al-Muslimin.

Sebagai pihak independen apalagi berkuasa tak mengherankan kalau kelompok Gamal Abdul Nasir menolak untuk tunduk kepada alIkhwan al-Muslimin. Akibatnya al-Ikhwan al-Muslimin pun melayangkan kritik pedas terhadap berbagai kebijaksanaan Nasir.



Protes dan kritis yang ditimbulkan al-Ikhwan al-Muslimin mencapai puncaknya dengan usaha pembunuhan terhadap Presiden Gamal Abdul Gamal Abdul Nasir pada 1954 yang dilakukan oleh oknum al-Ikhwan al-Muslimin. Pemerintah pun membalas dengan menghukum berat para pemimpin al-Ikhwan al-Muslimin.

Dengan semakin kuatnya kekuasan Gamal Abdul Nasir, aktivitas al-Ikhwan al-Muslimin menjadi sangat terbatas. Namun munculnya Anwar Sadat sebagai pengganti Gamal Abdul Nasir, terutama pada dekade 1970-an, telah membuka sejarah baru bagi al-Ikhwan al-Muslimin.

Kendati tetap ilegal tetapi keberadaan al-Ikhwan al-Muslimin cukup terbukti dengan kebebasan para bekas pemimpin dan wajah-wajah baru untuk menyuarakan berbagai ide original al-Ikhwan al-Muslimin.

Cara-cara baru yang lebih lunak dan fleksibel, bagaimanapun, menimbulkan ketidakpuasan di kalangan sementara anggota, sehingga muncullah kelompok radikal yang cenderung menggunakan pendekatan keras.

Baca juga:
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)