3 Pelajaran Penting dari Kemenangan Palestina di Era Shalahuddin Al-Ayyubi yang Penting Diketahui Umat Islam

Jum'at, 17 November 2023 - 11:08 WIB
loading...
3 Pelajaran Penting dari Kemenangan Palestina di Era Shalahuddin Al-Ayyubi yang Penting Diketahui Umat Islam
Generasi Shalahuddin al-Ayyubi berhasil mengembalikan Palestina secara umum dan khususnya Al-Quds ke pangkuan umat Islam dengan berbagai cara yang patut kita teladani. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kaum muslimin harus mengambil pelajaran dari setiap peperangan yang terjadi, agar kemenangan selalu berada dipihak umat Islam. Termasuk dalam melihat penjajahan yang dilakukan Yahudi Israil terhadap penduduk Palestina.

Umat Islam juga harus mengambil pelajaran agar dapat memperjuangkan dan memerdekakan Palestina dari penjajahan yang telah lama dilakukan oleh Yahudi Israil tersebut.

Seperti diketahui, tidak dapat dipungkiri bahwa peperangan antara yang haq dan batil akan terus ada hingga hari kiamat. Bahkan, kemenangan antara keduanya pun akan selalu silih berganti, sehingga kaum muslimin dapat mengambil pelajaran darinya. Allah Ta’ala menegaskan dalam firman-Nya : Al-Quran surat Ali Imran ayat 140:

اِنْ يَّمْسَسْكُمْ قَرْحٌ فَقَدْ مَسَّ الْقَوْمَ قَرْحٌ مِّثْلُهٗ ۗوَتِلْكَ الْاَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِۚ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاۤءَ ۗوَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَۙ


“Jika kamu (pada Perang Uhud) mendapat luka, maka mereka pun (pada Perang Badar) mendapat luka yang serupa. Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran), dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) dan agar sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang zalim”(QS Ali Imran : 140)

Imam Ibnu Jarir ath-Thabari dalam kitabnya, “Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Quran” juz 7, halaman 239, menyebutkan bahwa yang dimaksud ayat di atas secara umum adalah adanya sunnatullah bahwa kemenangan itu dipergilirkan di antara manusia, agar Allah mengetahui siapa yang taat dan maksiat; serta jujur dan dusta.

"Untuk itulah, kaum muslimin harus mengambil pelajaran dari setiap peperangan yang ada agar kemenangan selalu berada dipihak umat Islam,"ungkap ustadz Amir Sahidin, M.Ag, dai sekaligus pengajar PPTQ Ibnu Mas’ud Purbalingga.

Menurutnya, Palestina adalah negeri yang di dalamnya terdapat keberkahan-keberkahan yang banyak. Bahkan, penyebutannya sebagai negeri barakah terdapat sebanyak lima kali di dalam Al-Quran, yaitu: pada surat al-Anbiya’: 71 dan 81; surat Saba:18; surat al-A’raf : 137 dan surat al-Isra’: 1 (Ibnu Katsir, Tafsir al-Quran al-‘Adzim, 3/466; 5/5, 353, 358; dan 6/509)

Empat ayat pertama berkaitan dengan masa sebelum Islam, menyebut apa yang berada di dalam negeri Palestina sebagai tanah yang diberkahi. Sedangkan ayat kelima berkaitan dengan perjalanan malam (Isra’) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang mengacu kepada masjid al-Aqsha. Sehingga dapat dikatakan bahwa pusat keberkahan yang berada di dalam negeri Palestina adalah masjid Al-Aqsha.

3 Pelajaran Jalan Kemenangan Shalahuddin Al-Ayyubi

Negeri Palestina telah lama dijajah oleh Yahudi Israil. Berbagai kezaliman, pengusiran, pemblokadean dan pembantaian pun telah dilakukan berpuluh-puluh tahun lamanya hingga kini.

Untuk itu, umat Islam perlu mengambil pelajaran dari umat-umat terdahulu yang telah berhasil mengembalikan Palestina ke pangkuan umat Islam, yaitu mari kita belajar kepada generasi Shalahuddin al-Ayyubi .

Generasi Shalahuddin al-Ayyubi berhasil mengembalikan Palestina secara umum dan khususnya Al-Quds ke pangkuan umat Islam dengan berbagai cara yang patut kita teladani.

1. Perlunya ukhwah Islamiyah dan persatuan negeri-negeri Islam untuk membela Palestina

Shalahuddin al-Ayyubi meyakini bahwa pengusiran penjajah Palestina tidak akan mungkin terlaksana dengan baik kecuali dengan adanya penyatuan kekuatan negeri-negeri Islam.

Untuk itu, Shalahuddin al-Ayyubi manaklukan Mesir, Syam selain Palestina (Suriah, Lebanon, Yordania) dan Mosul (Irak), sebelum membebaskan Palestina.

Dengan strategi ini ukhwah islamiyah antar negera terjalin dan para penjajah tidak memiliki peluang untuk meminta serta mendapkan bantuan dari negara-negara lainnya.

Untuk itulah, negeri-negeri Islam atau negeri-negeri berpenduduk muslim harus bersatu untuk membela rakyat-rakyat Palestina yang sedang terjajah.

Jika persatuan tersebut belum terjalin, setidaknya ukhwah islamiyah antara sesama umat Islam harus terjalin dengan baik terlebih dahulu, karena Rasulullah pernah bersabda:

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ، حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ


“Tidak akan sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri”(HR Bukhari dan Muslim)

2. Perlunya berjuang semaksimal kemampuan

Untuk menyongsong kemerdekaan Palestina dari penjajahan Yahudi Israil saat ini, umat Islam perlu berjuang sesuai dengan kemampuannya.

Perjuangan ini meliputi anggota badan bagi mereka yang mampu membatu dengan anggota badan; kebijakan bagi mereka para pemangku kebijakan, harta bagi yang mampu dengan harta, ucapan bagi seorang dai, tulisan bagi seorang cendekiawan, media masa, dan lain sebagainya yang dapat menguntungkan umat Islam dan mengakhiri aksi penjajah.

Hal inilah yang disebutkan oleh para peneliti, seperti al-Kailani dalam bukunya, “Hakadza Dhahara Jil Shalahuddin wa Hakadza ‘Adat al-Quds, menerangkan bahwa kemenangan Shalahuddin al-Ayyubi, diawali oleh perjuangan panjang para sultan sebelumnya, para ulama, para hakim, para panglima jihad, para penyair, para wanita dan dari berbagai lapisan masyarakat lainnya.

Untuk itulah, Shalahuddin al-Ayyubi sebelum menaklukan Al-Quds, menyeru berbagai lapisan masyarakat untuk berbondong-bondong menyambut jihad akbar pembebasan Al-Quds. Sehingga turut serta dalam seruan tersebut, para ulama, insinyur dan lain sebagainya yang sangat berperan dalam penaklukan Al-Quds. (Muhsin Muhammad, al-Jais al-Ayyubi fi ‘Ahdi Shalahuddin, 102-103).

3. Perlunya selalu mendoakan mereka

Doa merupakan sejata utama seorang muslim (HR Al-Hakim no. 1812). Untuk itu, demi menyongsong kemenangan Palestina tercinta kita perlu untuk senantiasa mendoakan kemenangan dan kemerdekaan mereka.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)