Masjid Ulu Cami di Bursa Turki, Simbol Kejayaan Kerajaan Ottoman dan Kisah Nabi Khidir

Jum'at, 17 November 2023 - 12:35 WIB
loading...
A A A
Pembangunan masjid ini menandai dimulainya era baru bagi Kekaisaran Ottoman, yang kemudian menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia.

Masjid Ulu Cami di Bursa Turki, Simbol Kejayaan Kerajaan Ottoman dan Kisah Nabi Khidir


Masjid Ulu Cami juga merupakan simbol dari komitmen Sultan Orhan Gazi terhadap Islam. Masjid ini dibangun dengan gaya Seljuk, yang merupakan gaya arsitektur Islam yang populer di Anatolia pada saat itu.

Pembangunan masjid ini menunjukkan Sultan Orhan Gazi berkomitmen menyebarkan Islam di wilayah yang baru ditaklukan.

5. Air Mancur Tempat Wudlu di Dalam Masjid


Air mancur tempat wudhu di dalam Masjid Ulu Cami Bursa adalah salah satu fitur paling menarik dari masjid tersebut.

Masjid Ulu Cami di Bursa Turki, Simbol Kejayaan Kerajaan Ottoman dan Kisah Nabi Khidir


Jika biasanya air mancur terletak di luar masjid, maka air mancur ini terletak di dalam masjid. Air mancur ini memiliki empat tingkat pancuran yang terbuat dari batu marmer.

Air mancur ini dibangun pada abad ke-14, pada saat masjid tersebut dibangun. Air mancur ini dirancang untuk mencerminkan gaya arsitektur Seljuk, yang merupakan gaya arsitektur yang populer di Anatolia pada saat itu.

Desain air mancur ini sederhana namun elegan. Air mancur ini berbentuk persegi panjang, dan memiliki dua pancuran air di masing-masing sisi. Pancuran air ini terbuat dari batu marmer yang dipoles, dan mengeluarkan air yang jernih.

Air mancur ini digunakan oleh umat Muslim untuk melakukan wudhu sebelum salat. Air mancur ini adalah salah satu daya tarik wisata paling populer di Masjid Ulu Cami Bursa.

Wisatawan Muslim belum lengkap jika tidak wudhu di air mancur tersebut. Setelah itu, pengunjung dapat menjalankan salat di masjid ini.

6. Kisah Nabi Khidir Salat di Masjid Ulu Cami


Menurut kepercayaan masyarakat Turki, Nabi Khidir pernah salat di Masjid Ulu Cami di Bursa, Turki. Kisah ini diceritakan oleh Evliya Celebi, seorang pengelana Turki yang hidup pada abad ke-17.

Masjid Ulu Cami di Bursa Turki, Simbol Kejayaan Kerajaan Ottoman dan Kisah Nabi Khidir


Evliya Celebi menceritakan Nabi Khidir datang ke Bursa pada abad ke-14, pada masa pemerintahan Sultan Orhan Gazi.

Menurut cerita, Nabi Khidir datang ke Bursa untuk membantu Sultan Orhan Gazi dalam pembangunan Masjid Ulu Cami.

Nabi Khidir mengajarkan Sultan Orhan Gazi tentang cara membangun masjid yang baik dan benar. Nabi Khidir juga membantu Sultan Orhan Gazi dalam mencari bahan-bahan untuk membangun masjid.

Setelah Masjid Ulu Cami selesai dibangun, Nabi Khidir datang untuk salat di masjid tersebut. Nabi Khidir salat di salah satu tiang di bagian depan masjid.

Pada saat Nabi Khidir salat, huruf "wau" (Ùˆ) muncul di tiang tersebut. Huruf "wau" ini dipercaya sebagai tanda bahwa Nabi Khidir pernah salat di tempat tersebut.

Hingga saat ini, tiang tersebut masih ada di Masjid Ulu Cami. Tiang tersebut sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berdoa dan meminta berkah dari Nabi Khidir.

Huruf "wau" yang digambar di tiang tersebut adalah tanda bahwa Nabi Khidir pernah salat di tempat tersebut.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)