Masjid Ayasofya Cami, Jejak Keberhasilan Kesultanan Ottoman Kalahkan Bizantium di Iznik Turki

Sabtu, 18 November 2023 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Adapun Bursa adalah kota penting di barat laut Anatolia, dan merupakan pusat perdagangan dan budaya. Penaklukan Bursa oleh Orhan Gazi merupakan tonggak penting dalam sejarah Kekaisaran Ottoman.

Pada tahun 1326, Orhan Gazi mengirim pasukannya untuk mengepung Bursa. Pasukan Bizantium yang mempertahankan kota tidak mampu menahan serangan Ottoman, dan akhirnya menyerah pada tanggal 6 April 1326.

Orhan Gazi menjadikan Bursa sebagai ibu kota Kekaisaran Ottoman. Penaklukan Bursa membuka jalan bagi ekspansi Kekaisaran Ottoman ke wilayah-wilayah lain di Anatolia dan Eropa.

Bursa menjadi ibu kota Kekaisaran Ottoman pada tahun 1326. Setelah Bursa takhluk, Sultan Orhan Gazi bergerak untuk menakhlukkan Iznik pada 1331.

Penaklukan Iznik merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Kesultanan Ottoman. Penaklukan ini menandai perluasan wilayah Ottoman ke wilayah Bizantium, dan juga merupakan awal dari kebangkitan Kesultanan Ottoman.

Masjid Ayasofya Cami, Jejak Keberhasilan Kesultanan Ottoman Kalahkan Bizantium di Iznik Turki


Pada saat itu, Iznik merupakan kota penting bagi Kekaisaran Bizantium. Kota ini merupakan pusat perdagangan dan budaya, dan juga merupakan tempat tinggal bagi banyak orang penting Bizantium.

Penaklukan Iznik oleh Orhan Gazi merupakan pukulan telak bagi Kekaisaran Bizantium, dan juga merupakan tanda awal kejatuhan Kekaisaran Bizantium.

Selain memperluas wilayah kekuasaan, Sultan Orhan Gazi juga mengembangkan lembaga-lembaga pemerintahan dan militer Kekaisaran Ottoman.

Dia membentuk pasukan Janissary, yang menjadi pasukan elit Kekaisaran Ottoman. Dia juga memperkenalkan sistem pajak dan pemerintahan yang baru.

Masjid Ayasofya Cami, Jejak Keberhasilan Kesultanan Ottoman Kalahkan Bizantium di Iznik Turki


Sultan Orhan Gazi adalah seorang Muslim yang taat. Dia membangun banyak masjid dan madrasah di wilayah Kekaisaran Ottoman.

Dia juga mendirikan waqf, yaitu lembaga amal yang memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Orhan Gazi meninggal pada tahun 1362. Ia digantikan oleh putranya, Murad I.

Keberadaan Masjid Ayasofya Cami di Iznik kini mengabadikan perjuangannya menyebarkan Islam di wilayah Bizantium.

(sya)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4132 seconds (0.1#10.140)