Doa-doa untuk Meredakan Anak yang Tantrum

Kamis, 23 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
Doa-doa untuk Meredakan Anak yang Tantrum
Ketika anak tantrum, upaya orang tua mengatasi hal tersebut biisa dengan mengamalkan beberapa doa agar anak cepat reda dan tantrumnya hilang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Anak atau bayi Anda tiba-tiba tantrum , adalah fase yang biasa dialami seorang ibu yang memiliki anak balita atau anak belum baligh. Ada fase tantrum yang sebentar, ada pula yang mengalami fase trantrum cukup lama yang sulit diatasi. Karena itu, upaya orang tua atau ibunya mengatasi hal tersebut dengan beberapa doa agar anak tidak tantrum .

Doa-doa agar anak tidak trantrum ini dikutip dari Kitab 'Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar,' berikut doa-doanya:

1. Doa pertama

[arabOPen]بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ


Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.

Doa ini dibaca sebanyak 3 kali didepan si kecil Ketika anak menangis dan tantrum. Dengan doa ini, orang tua berharap agar kekesalan dan tangisan anak mereda.

2. Doa kedua

Dalam sebuah kasus, ada juga anak tantrum karena rasa kantuk yang menyerang, namun mereka cenderung dalam kondisi gelisah ataupun lapar. Jika semua alasan sudah ditangani namun anak masih menangis dan tantrum, ada doa yang dapat diamalkan dan digunakan oleh Rasulullah SAW, yakni:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي


Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, ahdi’ laylî wa anim ‘aynî.

Dengan mengamalkannya doa ini, diharapkan bayi dapat tenang dan meredakan tangisan hingga bisa tertidur dengan nyenyak. Khususnya untuk bayi yang masih dibawah 2 tahun, tidur yang nyenyak dapat membantu bayi untuk lebih sehat dan mendapatkan perkembangan tubuh yang baik.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)