Surat An-Najm Ayat 59-61, Ikhtiar Meredakan Anak yang Rewel

Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:11 WIB
loading...
Surat An-Najm Ayat 59-61, Ikhtiar Meredakan Anak yang Rewel
Surat An-Najm bisa dijadikan wasilah untuk meredakan anak yang rewel. Foto/Ilustrasi: scarymommy
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat An-Najm , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan ayat ke-59 sampai ayat ke-61 dari surah an-Najm jika ditulis dan diletakkan di atas tubuh anak kecil maka ayat itu dapat menghentikan tangisannya. Berikut bacaannya:

اَفَمِنۡ هٰذَا الۡحَدِيۡثِ تَعۡجَبُوۡنَۙ‏

Afamin hazal hadiisi ta'jabuun
وَتَضۡحَكُوۡنَ وَلَا تَبۡكُوۡنَۙ

Wa tadhakuuna wa laa tabkuun
وَاَنۡتُمۡ سٰمِدُوۡنَ

Wa antum saamiduun

Artinya: "Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu tertawakan dan tidak menangis, sedang kamu lengah (darinya)."



Dalam kitab Tsawabul- A'mal disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat An-Najm terus menerus di setiap hari, atau di malam harinya, maka ia akan hidup terpuji di masyarakat, memperoleh ampunan dan dicintai masyarakat."

Sedangkan dalam Tafsirul Burhan dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat ini (Surat An-Najm), maka Allah akan memberikan sepuluh kebaikan sejumlah orang-orang yang beriman kepadaku.

"Dan barangsiapa yang menulisnya pada kulit macan tutul, mengalungkannya, maka hatinya menjadi kuat atas penguasa yang datang padanya."

Dalam riwayat lain, ia boleh menjadi wasilah kekuatan dari godaan setan yang mendatanginya, dapat menguasai seseorang yang menentangnya dan tangannya menjadi kuat dengan izin Allah.

Surat An-Najm artinya "bintang". Surat ini terdiri atas 62 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah, dan diturunkan sesudah Surat Al-Ikhlas . Ia dinamakan An-Najm, diambil dari pada lafaz an-najm yang terdapat pada ayat pertama.

Dalam surat ini, Allah bersumpah dengan an-njm, karena bintang-bitang mucul dan tenggelam memang memiliki manfaat yang besar terhadap umat manusia. Di antaranya yaitu sebagai pedoman manusia dalam melakukan pelayaran di lautan, untuk menentukan peredaran, dan lainnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)