3 Bacaan Doa Bersyukur yang Dapat Menambah Rezeki

Jum'at, 24 November 2023 - 17:54 WIB
loading...
3 Bacaan Doa Bersyukur yang Dapat Menambah Rezeki
Doa bersyukur atas nikmat Allah ini hendaknya dibaca setiap hari atau setiap selesai sholat. Foto/SINDOnews
A A A
Bacaan doa bersyukur atas nikmat Allah sangat banyak. Ada tiga doa yang dianjurkan dibaca kaum muslim setiap hari. Doa ini diyakini dapat menambah dan melancarkan rezeki.

Keutamaan bersyukur selain diganjar dengan pahala yang banyak, Allah juga akan menambahkan nikmat-Nya. Sufyan bin Uyainah berkata: "Siapa yang melakukan sholat lima waktu berarti ia bersyukur kepada Allah, dan orang yang berdoa untuk kedua orang tuanya setiap usai salat, ia telah bersyukur kepada keduanya."

Tiga Bacaan Doa Bersyukur
Berikut tiga bacaan doa bersyukur yang tidak boleh ditinggalkan umat muslim. Al-Qur'an mengingatkan: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS Ibrahim Ayat 7)

1. Doa yang Diajarkan Rasulullah
Rasulullah ﷺ pernah berkata kepada sahabat Mu'adz bin Jabal: "Wahai Mu'adz, demi Allah aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah kamu tinggalkan setiap selesai sholat untuk berdoa: Allahumma a-'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatik."

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma A-'innii 'alaa Dzikrika wa Syukrika wa husni 'Ibaadatik.

Artinya: "Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berzikir mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu." (HR Abu Daud dan Ahmad)

2. Doa Nabi Sulaiman
Dalam Al-Qur'an, Allah mengabadikan doa syukur Nabi Sulaiman 'alaihissalam yang tersenyum dan tertawa karena (mendengar) perkataan semut.

رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ

Robbi awzi'nii an asykura ni'mata kallatiii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shaalihan tardhaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikash shaalihiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." (QS. An-Naml Ayat 19)

3. Doa Syukur di Pagi Hari
Doa syukur berikutnya diajarkan oleh Rasulullah ﷺ berdasar Hadis yang diriwayatkan Imam An-Nasai dari Abdullah bin Ghannam. Doa ini dibaca setiap pagi.

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ، وَلَكَ الشُّكْرُ

Allahumma ma ashbaha bi min ni'matin aw bi ahadin min kholqika fa minka wahdaka la syarika laka fa lakal hamdu wa lakasy-syukru.

Artinya: "Ya Allah, nikmat apapun yang ada padaku di waktu pagi atau yang ada pada setiap makhluk-Mu, semuanya hanya dari-Mu semata, tiada sekutu bagi-Mu, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu segala syukur." (HR An-Nasai)

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)